Ingin Sehat? Yuk, Ikuti Tips Memasak Ini!

Makanan yang sehat akan memberi dampak yang baik untuk tubuhmu. Tetapi, gimana ya caranya masak makanan yang sehat?

Ingin Sehat? Yuk, Ikuti Tips Memasak Ini!
Mengurangi makanan berkalori tinggi dan minim gizi adalah salah satu cara memulai hidup sehat. (indonesiaone.org)

Inibaru.id – Memasak makanan sendiri nggak hanya membuat kamu bisa berhemat, tapi juga ada jaminan bahwa makanan tersebut lebih terjamin kebersihannya. Nggak cuma itu, dengan memasak makananmu sendiri, kamu juga bisa mengatur gimana cara agar kandungan gizi dalam makanan yang kamu santap tetap terjaga.

Nah, buat kamu yang pengin mencoba mengolah makananmu sendiri, sejumlah saran dari pemilik Rumah Makan Vegetarian Karuna Semarang, Seng Nam Tjihang, ini mungkin bisa kamu coba. Seperti apa tips-tipsnya? Yuk, check these out!

  1. Cuci dan Rebus Sayuran dengan Air Garam

Mencuci sayur. (modernfarmer.com)

Sayuran yang kamu beli di pasar sangat sulit dihindarkan dari debu dan pestisida. Oleh karena itu, kamu perlu menggunakan garam ketika mencuci sayur. Selain bisa melarutkan pestisida dengan cepat, garam juga bisa mengusir hama dan bakteri yang terkandung dalam sayur.

Cara terbaik untuk mencuci sayur adalah dengan merendamnya dalam air garam selama 10 menit. Setelah direndam, bilaslah dengan air mengalir. Saat merebus pun pastikan kamu sudah memberi garam. Hal ini perlu kamu lakukan supaya warna dan cita rasanya terjaga.

  1. Gunakan Rempah-rempah dan Kaldu Jamur daripada MSG

Rempa-rempah. (theprepperjournal.com)

Meski hingga kini bahaya MSG masih menjadi perdebatan di kalangan para ahli, nggak ada salahnya kalau kamu ingin menjajal kemampuan masakmu tanpa bergantung pada bahan penyedap ini. Sebagai pengganti MSG, kamu bisa memanfaatkan rempah-rempah yang melimpah di negeri kita ini.

Dalam mengolah menu-menu vegetarian di rumah makannya, Tjihang mengaku mengandalkan hampir semua jenis rempah-rempah tersebut. Hasilnya, masakan-masakan itu nggak kalah enaknya dengan masakan yang menggunakan MSG.

  1. Perbanyak Rebusan

Memperbanyak rebusan. (archanaskitchen.com)

Merebus adalah cara memasak yang paling sehat. Tetapi, bukan berarti kamu bisa seenaknya menentukan kapan harus menceburkan dan mengangkat makananmu, lo. Supaya kandungan gizinya aman, rebuslah sayur dengan suhu yang rendah dan durasi yang pendek. Metode ini efektif untuk menjaga kandungan mineral, enzim, dan vitamin yang baik untuk tubuhmu.

  1. Manfaatkan Sifat dan Kandungan Bahan Makanan

Susu kedelai. (mymilk.com)

Untuk membuat steak rasa ayam dari bahan nabati, Tjihang mengaku memanfaatkan tekstur serta kandungan kedelai yang tinggi protein. Kamu pun bisa menggunakan cara ini dengan, misalnya, menambahkan wortel daripada gula pada masakanmu untuk memperoleh rasa manis. Memang agak susah kalau kamu enggan mempelajari bahan-bahan makananmu secara detil. Namun, dengan sedikit usaha, wawasanmu akan bertambah.

  1. Bijak Menggunakan Bawang, Onclang, dan Kucai

Bawang putih dan merah. (Medicalnewstoday.com)

Bagi kamu yang suka makan daging, sangat disarankan untuk mengimbanginya dengan mengonsumsi bawang merah, bawang putih, bawang bombai, daun bawang, dan kucai. Pasalnya, bumbu-bumbu di atas berguna untuk menetralisasi kolestrol dalam daging yang kamu santap.

Sebaliknya, untuk para vegetarian, bumbu-bumbu itu nggak diperlukan untuk makananmu. Lo, kok gitu? Ya, karena nabati yang kamu konsumsi nggak mengandung kolestrol. Dengan berhenti mengonsumsi makanan yang mengandung kolestrol, nggak ada lagi yang perlu dinetralisasi dalam tubuhmu.

Gimana, sudah siap menjalani hidup yang lebih sehat, Millens? (Artika Sari/E03)