Ingin Menangis Saat Mengiris Bawang, Kok Bisa Ya?

Ingin Menangis Saat Mengiris Bawang, Kok Bisa Ya?
Mengiris bawang merah bisa membuat mata perih dan ingin menangis (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Bawang merah merupakan salah satu bumbu yang sering digunakan saat memasak. Namun, saat mengirisnya, kamu pasti merasakan sensasi mata perih dan ingin menangis. Apa penyebabnya, ya?

Inibaru.id - Bagi sebagian orang, salah satu aktivitas paling menyebalkan saat memasak adalah mengiris bawang. Hal ini disebabkan oleh mata yang terasa perih dan ingin menangis. Sebenarnya, apa sih penyebab dari sensasi ingin menangis ini?

Ternyata, hal ini disebabkan oleh adanya zat kimia di dalam bawang yang bisa mengiritasi mata kamu, Millens. Zat kimia ini adalah faktor lachrymatory atau LF. Ketika bawang merah diiris atau dihancurkan, sel-sel LF di dalam bawang akan pecah. Zat ini kemudian mengeluarkan gas yang bisa mencapai mata kamu.

“Zat LF dalam bawang berubah menjadi gas. Saat gas itu mengenai mata dan kemudian mengenai saraf sensorik di mata, maka ini akan mengiritasi mata. Kita merasakan sensasi pedih dan akhirnya menangis,” kata Josie Silvaroli dari Case Western Reserve University di Ohio, Amerika Serikat pada Juli 2017.

Uniknya, faktor lachrymatory sebenarnya adalah "senjata kimia" pertahanan dari bawang merah untuk melindungi diri dari mikroba serta makhluk hidup, termasuk manusia. Dengan kata lain, saat kita mengiris bawang, sebenarnya kita sedang diserang oleh mekanisme pertahanan sayuran ini.

Mengiris bawang merah. (Scienceabc)
Mengiris bawang merah. (Scienceabc)

Nggak perlu harus memakai helm atau kaca mata renang agar nggak mudah menangis saat mengiris bawang. Ada beberapa trik mudah untuk mencegahnya, lo. Simak, yuk.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyimpan bawang merah di dalam lemari es atau rendam bawang di dalam air sebelum memotongnya. Hal tersebut bisa mengurangi suhu bawang. Dampaknya, reaksi pemecahan LF pun akan berlangsung lebih lambat.

Saat berada di dalam air, gas LF akan menjadi lebih encer dan menjadi kurang kuat. Hal ini memang bisa membuat mata kamu nggak mudah pedih, namun juga bisa mengubah rasa bawang meski nggak begitu signifikan. Mengiris bawang yang sedang direndam juga bisa mencegah senyawa sulfat mencapai mata.

Selain cara tersebut, kamu juga bisa mengiris bawang di dekat ventilasi atau jendela sehingga akan ada udara yang cukup untuk meniup senyawa LF ini menjauh dari mata kamu.

Hanya, sebenarnya sensasi pedih di mata saat mengiris bawang ini nggak begitu berat, kok Millens. Kamu nggak akan sampai kehilangan penglihatan gara-gara ini. Jadi, sesekali "menangis" saat mengiris bawang nggak apa-apa, asalkan hasil masakan rasanya enak. (Kom/IB24/E07)

Tags : #BawangMerah