Icip-icip Minuman di Kopi Tuya yang Nggak Bikin Asam Lambung Naik

Icip-icip Minuman di Kopi Tuya yang Nggak Bikin Asam Lambung Naik
Kopi Susu Tuya yang menggunakan gula aren sebagai minuman andalan di Kopi Tuya. (Inibaru.id/ Julia Dewi Krismayani)

Mau minum kopi tapi takut asam lambung naik? Cobain kuy Kopi Susu Tuya yang seger tapi nggak bikin asam lambung naik.

Inibaru.id - Sebelum pandemi Covid-19 melanda Indonesia, saya dan teman-teman jalan-jalan di Kota Semarang. Saat itu, kami tertarik dengan sebuah kafe bernama Kopi Tuya. Kafe ini memiliki suasana yang kaya akan warna, berbeda dengan kafe kopi biasanya. Lokasinya ada di Jalan Arteri Soekarno - Hatta, tepatnya di Ruko Permai No. 2, Kota Semarang.

Saya memutuskan untuk masuk ke dalam kafe dan tertarik untuk mencicipi dua menu minuman, yaitu Kopi Susu Tuya dan Kopi Avocado. Suasana kafe saat itu cukup sepi. Saya pun kemudian duduk dan menunggu pesanan saya diracik oleh dua orang barista.

Tak lama kemudian, Kopi Susu Tuya dan Kopi Avocado telah tersaji di hadapan saya dengan kemasan take away atau bungkus. Kopi Susu Tuya yang masih dingin membuat saya nggak sabar untuk meminumnya. Apalagi saat itu suhu udara juga cukup panas sehingga membuat saya kehausan.

Kopi Susu Tuya ini menggunakan gula aren. Hal ini membuat rasanya nggak semanis minuman dengan gula pasir. Walaupun memakai susu, rasanya tetap nggak terlalu manis sehingga cocok untuk lidah saya. Apalagi saat meminumnya, ada rasa kopi yang linger dan bikin bau napas saya ala-ala aroma kopi, hehe.

Kopi Avocado, semakin nikmat setelah diaduk

Menu kedua yang saya coba adalah Kopi Avocado. Dari namanya aja sudah jelas pasti ada alpukatnya. Tapi yang bikin saya penasaran, emang enak ya kopi dicampur dengan alpukat? 

Kopi Avocado yang saya nikmati terbuat dari campuran es krim cokelat, jus alpukat, dan kopi hitam. Awalnya, saya mau menghabiskan es krimnya dulu sebelum mencicipi jus alpukat dan terakhir kopinya. Tapi waktu saya cicipi kopinya, ternyata sangat pahit. Saya pun kemudian mengaduk kopi agar semua bahannya tercampur. Nggak nyangka, rasa pahitnya kemudian hilang.

Rasa Kopi Avocado ini emang palik enak diaduk, nggak bisa dimakan satu-satu kayak bubur ya. Sesuai namanya, rasa alpukatnya ini kuat banget sedangkan kopinya nggak lagi pahit karena tercampur dengan es krim yang manis.

Jadi, bagi kamu yang nggak suka kopi pahit, dua menu tadi cocok untuk dicoba. Harga dari kedua kopi ini nggak mahal kok. Kopi Susu Tuya bisa didapatkan hanya dengan Rp 15 ribu, sementara Kopi Avocado harganya adalah Rp 26 ribu.

Tertarik untuk mencobanya nggak nih, Millens? (Julia Dewi Krismayani/E07)