Icip-Icip Gurih dan Sedapnya Satai Klatak Yogyakarta

Icip-Icip Gurih dan Sedapnya Satai Klatak Yogyakarta
Satai klatak, makanan khas Yogyakarta yang enak dijadikan lauk. (Pegipegi)

Sedap dan mengundang lidah untuk mencicipinya lagi. Kamu yang sedang berkunjung ke Yogyakarta, sebaiknya nggak melewatkan satai klatak, satai khas provinsi ini. Dengan bumbu yang sederhana, rasanya dijamini bikin kamu pengin nambah.

Inibaru.id – Beberapa daerah di Jawa Tengah dan Yogyakarta memiliki satai dengan rasa yang khas. Jika kamu sedang liburan ke Yogyakarta, satai klatak adalah makanan yang layak masuk daftar pilihan. Belum pernah mencicipinya? Ini saatnya kamu mencoba.

Seperti namanya, saat mengunyah makanan ini, bunyi “klatak-klatak” bakal terdengar. Dengan beberapa bumbu yang sederhana yaitu garam, merica, dan rempah-rempah, makanan ini bikin kamu pengin nambah. Seporsi satai klatak biasanya berisi dua tusuk. Namun, potongan daging dalam satai ini cukup besar, Millens. Dengan kuah gulai sebagai pendampingnya, makanmu bakal makin nikmat. Kalau kurang pedas, kamu bisa menambahkan cabai atau sambal ke dalam kuahmu.

https://i2.wp.com/kanaljogja.id/wp-content/uploads/2014/12/Sate-Kambing-Pak-Pong.jpg

Satai klatak biasanya dibakar menggunakan tusuk besi. (Kanal Jogja)

O ya, di beberapa rumah makan, tusuk satai klatak menggunakan jeruji sepeda, lo. Ini dilakukan supaya daging bisa matang lebih merata. Bicara soal harga, seporsi satai klatak biasanya dijual Rp 22 ribu. Harga yang relatif standar jika mengingat kuantitas yang kamu dapatkan.

Pengin mencicipi makanan ini? Hm, Satai Klatak Pak Pong bisa menjadi salah satu tempat yang pas untuk kamu kunjungi. Satai yang berada di Jalan Sultan Agung Nomor 18, Jejeran II, Wonokromo, Bantul ini nyaris nggak sepi pembeli. Kalau punya waktu luang, mampirlah dan cicipi kelezatannya.

Hm, pengin bungkus satai klatak buat dimakan di rumah nih. Enaknya, beli berapa porsi ya? (IB06)