Hyderabadi Haleem, Menu Istimewa Sambut Idulfitri di India

Hyderabadi Haleem, Menu Istimewa Sambut Idulfitri di India
Hyderabadi Haleem. (Times of India)

Berasal dari Arab, makanan ini begitu terkenal di India, khususnya di Kota Haiderabad. Dari tampilannya, masakan khas Lebaran yang berbahan dasar ayam filet ini perlu kamu coba nikmati suatu hari nanti.

Inibaru.id – Idulfitri merupakan hari yang ditunggu umat muslim setelah sebulan penuh berpuasa. Di India, untuk menyambut hari raya, nggak sedikit keluarga yang menghidangkan hyderabadi haleem untuk disantap bersama.

Makanan ini sebenarnya berasal dari Arab. Para pendatang dari Arab memperkenalkan makanan tersebut di tengah-tengah penduduk pada abad ke-19. Lantaran begitu populer di Kota Haiderabad, India, hyderabadi haleem dianggap berasal dari sana.

Kaya akan protein, makanan ini juga cukup mudah dibuat meski membutuhkan banyak bahan. Menggunakan bahan utama seperti filet ayam, hyderabadi haleem dikombinasikan dengan beberapa rempah. Kapulaga, kunyit, kayu manis, cengkih, kapulaga, jintan, serta lada hitam menjadi bumbu-bumbu yang digunakan.

Hyderabadi haleem. (Craftlog)

Kalau kamu pengin diet, rasanya makanan ini bisa kamu andalkan untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan ideal. Selain tinggi protein, hyderabadi haleem juga mengandung kalsium, vitamin, dan fosfor. Nutrisi ini berasal dari buah-buah kering yang menjadi campurannya.

Jika kamu bermaksud mengadakan liburan ke India, mampirlah ke Kota Haiderabad. Menu ini laris-manis dicari warga dan turis, lo.

Kapan mau mencicipi makanan ini? Kalau belum bisa ke India, coba bikin sendiri yuk! (IB15/E03)