Hindari Makanan dan Minuman Ini Saat Lebaran

Hindari Makanan dan Minuman Ini Saat Lebaran
Makanan khas Lebaran yang kaya akan santan dan kalori (ShopBack.com)

Saat Lebaran, banyak makanan bersantan ataupun kue manis yang bertebaran. Makanan dan minuman lebaran. Padahal, makanan itu kaya akan kalori dan gula sehingga bisa memicu datangnya penyakit jika dikonsumsi secara berlebihan.

Inibaru.id – Idul Fitri merupakan hari kemenangan bagi umat Islam. Ini karena mereka telah menaklukkan nafsunya sebulan penuh dengan berpuasa. Nggak jarang, saat Idul Fitri tiba mereka merayakannya dengan berbagai hal salah satunya menyajikan makanan-makanan lezat.

Saat Lebaran, makanan yang disajikan didominasi makanan bersantan dan aneka makanan manis seperti opor ayam, rendang daging, sambal goreng ati, dan kue kering. Padahal, makanan ini sangat berisiko bagi orang-orang tertentu.

Okezone.com, Minggu (20/6/2017), menulis pakar kesehatan dr. Ari Fahrial Syam menyebut makanan-makanan itu kaya akan kandungan kalori. Bahkan, kue-kue kering yang diberi tambahan cokelat dan keju juga tinggi kalori. Nggak heran kalau berat badanmu langsung naik drastis seusai Lebaran. Ups!

Selain mengakibatkan penambahan berat badan, orang yang sering mengonsumsi makanan itu berisiko mengalami peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh. Bila kolesterolmu tinggi, risiko untuk terkena penyakit jantung dan stroke juga meningkat, Millens.

Mengonsumsi banyak minuman manis dan bersoda juga nggak baik, lo. Minuman manis itu mampu meningkatkan risiko terkena diabetes. Mereka dengan masalah tekanan darah tinggi dan asam urat juga sangat disarankan untuk menghindari minuman-minuman manis tersebut.

Jadi, ada baiknya kamu mengerem makan saat Lebaran. Kamu boleh makan makanan bersantan dan manis. Kamu juga boleh kok meminum minuman bersoda. Namun, kamu juga harus mengimbanginya dengan makanan berserat, air putih yang cukup, dan olahraga ringan agar kamu terhindar dari penyakit-penyakit yang disebutkan tadi.

Selamat Lebaran. (IB09/E04)