Hampir Mirip Bentuknya, Inilah Perbedaan Crepes dan Lekker

Hampir Mirip Bentuknya, Inilah Perbedaan Crepes dan Lekker
Apa perbedaan lekker dan crepes? (Mahligai-indonesia/Picoku)

Saking miripnya, nggak jarang sulit membedakan antara crepes dan lekker. Namun, ternyata keduanya memiliki perbedaan yang signifikan lo. Apa saja?

Inibaru.id – Siapa yang nggak kenal lekker? Jajanan yang lazim dijual keliling ini punya rasa nikmat dengan harga yang terjangkau. Hampir mirip rasa dan bentuknya, ada pula crepes, yang umumnya dijual di stan makanan di dalam mal dengan harga yang lebih mahal.

Meski terasa mirip di lidah, selain perbedaan harga yang cukup signifikan, apa lagi yang membuat kedua jajanan ini nggak bisa disamakan?

Asal Negara

Crepes berasal dari Perancis. (Delish.co)
Crepes berasal dari Perancis. (Delish.co)

Meski sering dijual di negeri ini, crepes ternyata bukan berasal dari Indonesia lo! Crepes merupakan salah satu ikon kuliner Prancis. Kata crepes berasal dari kata "crispa" yang berarti keriting. Awalnya, makanan ini dikenal di wilayah Brittany, sebuah wilayah di barat laut Perancis.

Crepes juga dijadikan hidangan khas yang disajikan saat Hari La Chandeur, hari besar umat Katolik di Prancis yang dirayakan tiap 2 Februari. Hari itu juga dikenal sebagai Hari Crepes.

Sementara, lekker merupakan kuliner asli Tanah Air yang dikenal hingga pelosok daerah. Konon, saat Belanda masih bercokol di Indonesia, ada kompeni yang suka makan kue yang disebut dengan lecker. Kue ini bermakna enak atau sedap dalam Bahasa Indonesia.

Cara Pembuatan

Cara pembuatan keduanya berbeda. (Kompas.com)
Cara pembuatan keduanya berbeda. (Kompas.com)

Kalau kamu perhatikan, pembuatan lekker masih menggunakan cara tradisional. Adonan crepes yang terdiri atas terpung terigu, telur, susu, gula, serta air, pertama-tama akan dituangkan dalam wajan cekung yang sudah dipanaskan.

Sementara, crepes membutuhkan wajan yang datar. Kerap kali proses pembuatan crepes di berbagai kedai menjadi atraksi tersendiri karena sang penjual melontarkan dadar crepes ke udara, kemudian ditangkap lagi dengan wajan.

Perbedaan Bentuk

Crepes dilipat beberapa kali. (Traveloka)
Crepes dilipat beberapa kali. (Traveloka)

Seperti yang kamu tahu, lekker mempunyai bentuk setengah lingkaran karena dilipat sekali saja setelah masak. Kulit paling luar akan berwarna kecoklatan dan biasanya bertekstur renyah, tapi bagian dalamnya bertekstur lebih lembut dan berbentuk cembung.

Selain diisi dengan kacang, cokelat, pisang, atau keju, kini lekker juga dikreasikan dengan sosis, tuna, kornet, dan lain-lain. Yamm!

Sementara, crepes punya lapisan kulit yang tebal dengan adonan yang berlapis-lapis. Kulit crepes lebih tebal ketimbang lekker. Crepes juga nggak cembung seperti lekker.

Nah, itulah perbedaan crepes dan lekker. Kalau kamu, lebih suka yang mana, Millens? (Jat/IB27/E03)