Gurih dan Manisnya Rawon, Sup Terenak di Asia

Gurih dan Manisnya Rawon, Sup Terenak di Asia
Rawon dinobatkan jadi sup terenak di Asia. (SajianSedap)

Rawon, makanan asal Jawa Timur itu menorehkan presati buat Indonesia. Oleh TasteAtlas, kuliner ini dinobatkan jadi sup terenak di Asia dan nomor 4 di dunia.

Inibaru.id - Kalau soal rasa, kuliner Indonesia memang dikenal juara. Jika biasanya kita mendengar pujian bagi masakan padang yang berkali-kali masuk daftar kuliner terenak di dunia, kini rawon juga ikut-ikutan dinobatkan jadi sup terenak di Asia. Yang menobatkannya nggak main-main Millens, media raksasa CNN, lo.

Nggak hanya CNN, akun Instagram @seasia.co juga menyebut makanan khas Jawa Timur ini juga jadi sup paling enak versi TasteAtlas. Sebagai informasi nih, TasteAtlas adalah sebuah situs yang berfokus untuk mengarsipkan dan memperkenalkan makanan nasional, regional, dan tradisional dari seluruh dunia. Jadi, klaim ini nggak sembarangan kok.

Rawon dinobatkan sebagai sup terenak setelah diadu dengan 12 sup dari negara-negara Asia lainnya. Yang memberikan penilaian adalah sejumlah kritikus dari restoran terkemuka. Selain itu, TasteAtlas juga melakukan survei kepada 63.402 pembacanya. Jadi, 'kemenangan' rawon ini nggak hanya karena banyak-banyakan voting, ya, Millens.

Kalau kamu belum pernah mencicipinya, rawon ini dibuat dari rebusan daging sapi yang dicampur bersama kuah berbumbu seperti sereh, daun jeruk dan jahe. Yang membuat istimewa dan warnanya yang hitam karena menggunakan bahan baku buah kluwek.

Selain terenak di Asia rawon berada di urutan keempat di dunia. (Selerasa)<br>
Selain terenak di Asia rawon berada di urutan keempat di dunia. (Selerasa)

Banyak kritikus yang mengaku terkejut dengan sensasi rasa rawon yang sangat unik ini. Cita rasa khas inilah yang membuat rawon mengalahkan Bulalo, sup daging dari Filipina, serta Penang Laksa dan Asam Laksa dari Malaysia.

Jadi Salah Satu yang Terenak di Dunia

Prestasi rawon nggak hanya di level Asia saja, melainkan juga di level dunia. Menurut survei TasteAtlas juga, rawon adalah sup terenak nomor empat di dunia. Rawon hanya kalah dari sup-sup legendaris layaknya Trapadi de pescado, sup ikan dari Honduras di posisi puncak, Conch soup yang merupakan sup keong dan juga berasal dari Honduras, serta Ciorba de Peste, sup ikan tradisional asal Rumania.

Oh, iya. Masakan Indonesia yang masuk dalam daftar sup terenak di Asia ternyata nggak hanya rawon, lo, Millens. Ada sup-sup lokal lain yang juga nyempil di sana. Contohnya, Gulai Cincang nangkring di urutan ketiga. Makanan ini juga dinobatkan jadi sup terenak kedelapan di dunia. Selain itu, ada juga sayur asam yang ada di nomor 12 di daftar sup terenak di Asia.

Siapa sih yang nggak suka rawon, sup terenak di Asia? Rasanya memang mantap dan bikin ketagihan. Kamu pasti setuju kan, Millens? (Hip/IB28/E07)