Gurih dan Harumnya Nasi Goreng Tembakau di Temanggung Ini Memanggilmu!

Gurih dan Harumnya Nasi Goreng Tembakau di Temanggung Ini Memanggilmu!
Penampakan nasi goreng tembakau khas Temanggung. (Museum Kretek via Okezone)

Bosan dengan menu nasi goreng yang itu-itu saja? Di Temanggung, Jawa Tengah, ada varian super-unik nasi goreng yaitu nasi goreng tembakau. Aroma khas tembakau bakal memberikanmu pengalaman bersantap yang berbeda.

Inibaru.id – Buat kamu yang punya rencana mengunjungi Temanggung, ada satu kuliner unik yang bisa banget kamu coba. Namanya nasi goreng tembakau. Duh, gimana rasanya ya?

Temanggung memang selama ini terkenal sebagai daerah penghasil tembakau. Kamu bakal menjumpai kebun tembakau terhampar di sepanjang jalan. Tembakau-tembakau ini kebanyakan digunakan sebagai bahan dasar rokok. Terus, bagaimana jadinya jika tembakau ditambahkan pada nasi goreng?

Salah satu rumah makan di Temanggung yang berlokasi nggak jauh dari alun-alun Kota Temanggung, tepatnya Jalan MT Haryono menyediakan menu unik ini. Nama rumah makan tersebut yakni Temanggung Bersenyum yang akrab disebut Tebers.

Dari luar, dinding rumah makan ini dihiasi tulisan Nasi Goreng Mbako atau Tembakau. RM Tebers ini telah menjadi salah satu destinasi wisata kuliner di Temanggung, lo.

Bukan cuma menyajikan menu unik, bangunan seperti meja kursi dan peralatan dibuat berbeda. Di dalamnya terdapat foto-foto para pemimpin Temanggung dari zaman kolonial hingga saat ini. Sekalian belajar sejarah kan ya?

Kursi dan meja pun dibuat dengan konsep klasik. Pengelola RM Tebers mengatakan nasi goreng tembakau atau mbako merupakan menu utama yang disajikan rumah makan ini. Jadi, kamu wajib mencobanya.

Temanggung dikenal dengan perkebunan tembakaunya. (Antara/Saiful Bahri via Viva)
Temanggung dikenal dengan perkebunan tembakaunya. (Antara/Saiful Bahri via Viva)

Ada dua jenis menu nasi goreng tembakau, yakni yang biasa dan nasi goreng tembakau srintil. Tembakau dalam nasi goreng ini yang digunakan bukan daunnya, melainkan dari bijinya.

Biji-biji tembakau ini dihaluskan terlebih dahulu kemudian dicampurkan dengan bumbu nasi goreng. Jenis tembakau yang digunakan merupakan jenis srintil yang notabene tembakau khas daerah Temanggung.

Soal tampilan, nggak beda kok dengan nasi goreng pada umumnya. Bedanya, aroma tembakau dan sedikit rasa pahit.

Perpaduan antara gurihnya bumbu nasi goreng dan aromah khas biji tembakau membuat sensasi baru para pencinta kuliner. Harganya pun terjangkau.

Satu porsi nasi goreng nasi goreng tembakau dihargai Rp 14.000 dan untuk tembakau srintil lebih mahal yaitu Rp 17.000. Jadi, siap nggak dengan pengalaman kuliner unik dari Temanggung, Millens? (Det/IB21/E07)