Gudeg Ceker Bu Kasno Solo, Melegenda Sejak 1950-an

Gudeg Ceker Bu Kasno Solo, Melegenda Sejak 1950-an
Gudeg Ceker Bu Kasno. (Kompas/Muhammad Irzal Adiakurnia)

Mau wisata kuliner di Solo? Coba saja deh Gudeg Ceker Bu Kasno. Soal rasa, dijamin bakal bikin kamu puas karena sudah jadi favorit warga sejak 1950-an, Millens.

Inibaru.id – Di Solo dan Yogyakarta, cukup mudah mencari penjual gudeg yang buka pada tengah malam. Salah satu yang cukup legendaris adalah Gudeg Ceker Bu Kusno yang berlokasi di Jalan Monginsidi 43, Banjarsari, Solo. Warung gudeg ini baru buka pukul 01.30 WIB sampai pukul 07.00 WIB, Millens.

Meski buka dini hari, jangan kaget kalau kamu sampai masih harus antre, ya? Soalnya, gudeg ini sudah kadung legendaris dan selalu jadi buruan wisatawan di Solo.

O ya, warung gudeg yang sudah eksis sejak 1950-an ini juga dikenal dengan nama lain Gudeg Ceker Margoyudan. Alasannya? Karena lokasinya ada di wilayah Margoyudan.

“Awalnya dari tahun 1951 Mbah Karto buka pertama pukul 05.00 – 07.00 WIB. Kemudian, beralih ke Ibu Kasno tahun 1970-an, diajukan menjadi pukul 03.00 – 07.00 WIB, dan menjelang puasa maju lagi jadi 01.30 – 07.00 WIB sampai sekarang,” ungkap Wiranto, laki-laki 53 tahun yang merupakan putra dari Bu Kasno, Minggu (10/4/2022).

Awalnya, Mbah Karto hanya menjual gudeg biasa dengan tambahan sambal goreng, daging ayam, telur, atau tahu. Nah, pada 1970-an, Bu Kasno melakukan inovasi dengan menambahkan ceker. Ternyata, ide ini justru membuat gudegnya semakin laris.

Gudeg Ceker Bu Kasno sudah buka sejak 1950-an. (Pinggirtembok)
Gudeg Ceker Bu Kasno sudah buka sejak 1950-an. (Pinggirtembok)

“Saat itu ada tetangga membuka penyembelihan ayam. Biasanya ceker dan kepala itu dibuang. Oleh ibu, cekernya diminta dan diolah menjadi salah satu menu,” cerita Wiranto.

Rasa gudeg ceker di warung Bu Kasno memang sangat menggoda. Begitu mencicipinya, kamu bakal merasakan sensasi gurih dari kuah opor yang cukup kuat. Tambahan sambal goreng dan krecek juga membuat rasanya jadi semakin kaya.

Cekernya empuk dan nggak alot karena dimasak sampai matang sempurna. Kamu pun nggak bakal kerepotan menikmatinya.

Soal harga, kamu nggak perlu khawatir bakal merogoh kocek dalam-dalam. Seporsi nasi dan gudeg yang sudah diberi tambahan sambal goreng hanya dihargai Rp 10 ribu kok. Kalau menambah ceker, tinggal menambah Rp 4 ribu per buahnya. Lauk tahu dihargai Rp 3 ribu dan telur dihargai Rp 5 ribu.

“Jika ingin menu telur dan tahu harganya Rp 18 ribu, nasi gudeg ayam Rp 20 ribu, nasi gudeg ayam dan tahu Rp 23 ribu, nasi gudeg ayam dan telur Rp 25 ribu, dan nasi gudeg pakai telur, tahu dan ayam harganya Rp 28 ribu,” jelas Wiranto.

Wah, bikin ngiler, ya Millens? Kapan nih mencicipi Gudeg Ceker Bu Kasno di Solo? (Det/IB09/E05)