Gratis, Belajar Bikin Kopimu Sendiri dengan Teknik V60 di Kedai Serah

Di Kedai Serah, Kamu nggak cuma bisa ngopi aja lo. Barista di sini bakal senang hati jika kamu ingin belajar menyeduh kopi. Berbagai teknik menggunakan alat manual bisa kamu coba di sini. Yang jadi favorit pengunjung adalah teknik V60. Penasaran?

Gratis, Belajar Bikin Kopimu Sendiri dengan Teknik V60 di Kedai Serah
Di Kedai Serah, kamu bisa belajar menyeduh kopi secara gratis lo. (Inibaru.id/ Ika)

Inibaru.id – Nongkrong di kedai kopi nggak melulu berakhir dengan kantong bolong kok. Di Kedai Serah yang terletak di Patemon Gunungpati ini kamu bisa menikmati kopi dengan harga terjangkau sekaligus berfaedah. Yap, kamu bisa dapat pengalaman menyeduh kopi secara gratis langsung dari sang barista. Istimewa kan?

Malam itu Ninik Puspita, salah satu pemilik kedai serah menawari saya membuat kopi dengan teknik V60 yang paling disukai oleh pengunjung. “Pakai teknik V60 aja, lebih mudah dan menarik,” kata Puspita menyarankan. Jujur, saya blank. Saya nggak tahu apa itu V60.

Puspita lantas menunjukkan sebuah alat seolah bisa membaca wajah saya yang penuh kebingungan. Alat yang ditunjukkan Puspita terlihat nggak asing. Saya beberapa kali melihatnya di beberapa kafe.

Puspita, salah satu pemilik kedai sekaligus barista di sini bakal ngajarin kamu menyeduh kopi, Millens! (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Saya makin antusias mengikuti sesi belajar gratis ini. Barista yang masih berstatus mahasiswi Bahasa Jawa ini mengajari saya menimbang biji kopi utuh untuk digiling. Sebanyak 13 gram, katanya. Setelah ukuran pas, dia lalu menghidupkan grinder. Puspita mengaku paling suka proses menggiling kopi. Begitu selesai digiling dia menyodorkan teko berisi air panas yang telah diukur suhunya. Sayang sekali saya nggak terlalu ingat berapa tepat suhunya.

Eits, nggak boleh asal tuang ya. Susun dulu gelas ukur, V60 dripper, dan paper filter. Masukkan bubuk kopi kemudian seduh. Jangan salah, menyeduh kopi juga ada tekniknya. Seduhan pertama dengan gerakan memutar, seduhan kedua dengan cara memaju mundurkan teko, dan yang ketiga kembali memutar. Ribet sih, belum lagi harus mengamati ukuran air. Tapi itulah kuncinya. Kamu bakal merasakan cita rasa kopi yang mantap karena melalui perjuangan.

Proses panjang di balik meja bar bikin saya belajar untuk menghargai setiap tetes kopi.

“Santai aja, rileks,” kata Puspita sepanjang sesi membuat kopi. Barangkali dia melihat saya terlalu sepaneng. Saya akui sedikit gugup. Biasanya cuma minum kopi saset sih. Haha

Selain V60, kamu juga bisa minta diajari dengan teknik lain seperti Vietnam Drip.

Puspita mengaku kedainya dibuat untuk mengedukasi penyuka kopi. “(Kebanyakan) kopi lebih ke gengsi, bukan di edukasinya,” kata mahasiswi semester 5 ini. Meski kedainya baru punya beberapa alat manual saja, Puspita dan teman-temannya tetap semangat untuk berbagi ilmu lo.

Proses bikin kopi yang terbilang teliti bikin saya menghargai setiap tetes kopi yang tersaji. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Kesukaannya mengobrol dengan banyak orang, membuat Puspita dan tiga kawannya mendirikan Kedai Serah ini. “Aku pengen orang datang ke sini aku ajak ngobrol,” terang Puspita. Nggak cuma suka mengobrol, puspita dan teman-temannya ini juga murah ilmu.

Nah buatmu yang pengin bikin kopimu sendiri, bisa lo langsung merapat ke kedai Kopi Serah. Secangkir kopi bisa kamu dapatkna mulai harga Rp 5 ribuan saja. Buat praktik bikin kopinya? Gratis! (Zulfa Anisah/E05)

 

Kedai Kopi Serah

Alamat                             : Jl. Cempakasari 2, Semarang

Jam Operasional               : Setiap Hari, 17.00 – 02.00 WIB

Harga Minuman                : Rp 5.000 – Rp 15.000