Sashimi Ternate? Seng Ada Lawan...

Siapa bilang Sashimi hanya punya Jepang? Kaya akan warisan kuliner tradisional, Indonesia juga punya masakan ikan mentah yaitu gohu ikan. Rasanya? Bisa disandingkan dengan yang dari Jepang.

Sashimi Ternate? Seng Ada Lawan...
Gohu ikan. (harianterbit.com)

Inibaru.id - Jika kamu pencinta kuliner masakan Jepang, tentu tahu dong yang namanya sashimi, yaitu masakan ikan mentah khas Jepang yang berbahan dasar ikan tuna. Tapi tahukah kamu bahwa Indonesia juga punya masakan khas yang terbuat dari daging ikan mentah?

Salah satunya yaitu makanan khas Ternate bernama gohu ikan. Eits, tapi kamu harus menyebutkannya secara lengkap. Kalau hanya menyebutkan "gohu" saja, itu artinya rujak pepaya muda yang populer di Sulawesi Utara.

Terkenal juga dengan sebutan Sashimi Ternate, gohu ikan umumnya terbuat dari ikan tuna (yellowfin tuna = Thunnus albacares). Namun bila sedang nggak musim ikan tuna, dapat digantikan ikan cakalang (skipjack) meskipun teksturnya nggak semulus tuna.

Baca juga:
Nasi Liwet Solo, Lebih dari Sekadar Makanan Sehari-hari
Sensasi Unik Lempah Kuning khas Pulau Bangka

Mengutip Kompas.com (19/2/2010) cara memasak gohu ikan terbilang sederhana. Pertama, ikan tuna atau cakalang segar dikupas kulitnya terlebih dahulu supaya ikannya enak dan nggak bau anyir. Lalu daging ikan dipotong kecil berbentuk dadu atau sesuai selera. Cuci daging ikan untuk menghilangkan darahnya. Setelah bersih lumuri dengan garam dan perasan lemon cui (semacam jeruk nipis yang harum dan dalamnya berwarna kuning-jingga). Kemudian campur dengan rajangan kasar daun balakama (kemangi) dan diamkan beberapa saat.

Sembari menunggu bumbu meresap, siapkan bawang merah dan cabe rawit (disebut rica gufu di Ternate) dirajang kasar. Tumis dengan sedikit minyak kelapa sampai muncul aroma wangi. Selanjutnya, minyak kelapa panas dengan bawang merah dan cabe rawit ini kemudian dituangkan ke potongan ikan tuna mentah. Jangan lupa ditaburi kacang tanah goreng yang ditumbuk kasar dan gohu ikan pun siap disajikan.

Oya, meski nggak dimasak di atas api, daging ikan tuna yang kemerahan akan menjadi putih karena disiram dengan perasan lemon cui.Tapi jika kamu menggunakan ikan cakalang, maka potongan ikan akan memutih saat disiram minyak panas.

Bagaimana rasanya? Yang jelas maknyus!

Meski masih berupa  ikan mentah, aroma amis sama sekali nggak terasa. Rasa asam,pedas dan sedikit manis bercampur kenyalnya daging ikan segar, terasa sungguh meriah di dalam mulut.

Selain nikmat, gohu ikan juga sangat bergizi karena mengandung omega-3 ya tinggi lo. Gohu ikan biasa dimakan sebagai lauk pendamping nasi atau pupeda (di Maluku dan Papua disebut papeda), yaitu sagu yang dimasak dengan air, bentuknya mirip seperti lem kanji.

Baca juga:
Makan Sotonya, Gunting Sendiri Lauknya
Di sini Kuliner Ini Biasa, Di Belanda Itu Luar Biasa

Adapun harga yang ditawarkan untuk seporsi gohu ikan tak terlalu mahal. Seporsi gohu ikan ukuran besar (cukup untuk dua orang) dihargai Rp 30 ribu.

So, apakah sobat Millens tertarik untuk mencicipi gohu ikan? Ya, sashimi Ternate ini seng ada lawan. (ALE/SA)