Gigit Kriuknya Tahu Petis Mataram yang Meleleh di Mulut

Gigit Kriuknya Tahu Petis Mataram yang Meleleh di Mulut
Tahu petis di sini gemuk-gemuk-gemuk lo. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Tahu Petis Mataram yang terletak di Jl. MT Haryono ini sudah ada lebih dari 30 tahun ini punya rasa khas yang melegenda. Meski harganya agak mahal, namun dijamin sebanding dengan cita rasanya kok. Penasaran?

Inibaru.id - Ngomong-ngomong soal gorengan, ada berbagai jenis gorengan yang lazim dijual. Di semarang Sendiri, biasanya ada satu gorengan khas yang turut dijual. Tahu petis!

Yap, tahu kopong dengan isian petis ini lazim dijual di tukang gorengan pinggir jalan. Namun kalau kamu ingin menikmati tahu petis yang maknyus cobalah datang ke Tahu Petis Mataram yang terletak di Jl. MT Haryono No. 724 Semarang.

Meski penampakan luarnya sama dengan tahu petis yang lain, namun gorengan khas Semarang ini punya perbedaan dalam hal rasa lo, Millens! Tahunya yang cenderung gemuk bikin tahu petis Mataram terlihat beda dari yang lain.

Tahu petisnya krispi di luar, petisnya yang khas bakal meleleh di mulut. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Isiannya pun nggak pelit lo. Petis berwarna hitam pekat yang dimasukkan di sela-sela tahu yang sudah diiris ini punya cita rasa yang nendang abis. Petis di sini rasanya lebih manis dan sedikit gurih. Di samping itu, kamu juga akan mencium aroma bawang putih yang lumayan kuat.

Kalau kamu ingin makan di tempat, kamu akan mendapat tahu goreng tanpa isian petis. Nah untuk petisnya, kamu akan disuguhi semangkuk petis yang bisa kamu isikan sendiri ke dalam tahu petismu. Jadi kamu bisa sesuaikan petisnya sesuai keinginan. Saya yang penasaran dengan isinya, langsung memasukkan banyak petis ke tahu saya. Hehe

Sesaat selesai mengisi petis ke dalam tahu, satu gigitan petis sudah mendarat di mulut saya. Kress.... Benar saja, tahunya terasa garing di luar. Satu, dua kunyahan tahu bagian dalam terasa masih lembut. Ditambah dengan  petis spesial buatan kedai kecil ini yang terasa lumer di mulut.

Satu buah tahu petis dibanderol tiga ribu rupiah. Meski tergolong mahal dari tahu petis di tukang gorengan biasa, tapi dijamin worth it banget kok, Millens!

Harus rela antre jika pengin menikmati tahu petis di sini. (inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Oh ya, karena kelezatan rasanya yang sudah melegenda semenjak tahun 1974 ini, pembeli Tahu Petis Mataram rela loh berdesakan menunggu giliran untuk bisa menikmati tahu petis legendaris ini. Seperti yang dilakukan oleh Winoto yang rutin berkunjung seminggu sekali. “Petisnya rasanya khas beda sama yang lain, tahunya bisa krispi,” katanya sambil melahap tahu ke-limanya.

Selain tahu petis, ada pula berbahgai jajan pasar dan wedangan. Daripada ngiler, mending langsung meluncur ke Tahu Petis sekarang deh, Millens! (Zulfa Anisah/E05)

 

Kategori                                : Street Food

Alamat                                  : Jl. MT Haryono No. 724

Jam Operasional                    : 18.30 – 22.00 WIB

Harga makanan                     : Rp 3.000 – Rp 10.000