Ganjel Rel, Kue Legendaris Semarang yang Dilupakan

Liburan ke Semarang bakal lebih asik kalau kamu juga mencoba kuliner khasnya. Selain lunpia dan wingko babat, ada juga lo kue ganjel rel yang asli Semarang. Mau tahu seperti apa kue ganjel rel itu? Yuk simak video berikut.


Inibaru.id - Semarang memiliki banyak makanan khas. Lunpia dan wingko babat merupakan makanan khas yang paling terkenal dari Semarang. Namun, ada juga makanan khas Semarang lainnya yang belum banyak diketahui orang, seperti kue ganjel rel.

Kue ganjel rel merupakan kue khas Semarang yang sudah ada sejak zaman penjajahan. Kue ini dibuat warga sebagai tandingan kue Belanda yang bernama ontbitjkoek. Warna coklat pada kue ganjel rel hampir sama dengan kue ontbitjkoek itu.

Kendati makanan khas Semarang, kue ini nggak terlalu populer di kandangnya. Ini dibuktikan dari sejumlah warga Semarang yang nggak tahu kue ini. Salah satunya Reza, pelajar asli Semarang.

"Saya nggak tahu ini kue apa," ujar Reza.

Padahal kue asli Semarang ini selalu dibagikan secara cuma-cuma saat tradisi Dugderan di Semarang. Wah, harus tetap dilestarikan nih penganan khas Semarang satu ini. Eh, sobat Millens sudah coba?