Gandhos Gimbal, Kuliner Kekinian Khas Boyolali yang Cocok Jadi Buah Tangan

Gandhos Gimbal, Kuliner Kekinian Khas Boyolali yang Cocok Jadi Buah Tangan
Gandhos Gimbal. (Roti Mbah Lomo)

Nggak hanya produk olahan susu atau daging yang bisa dijadikan oleh-oleh dari Boyolali. Penganan dari tepung dan parutan kelapa yang satu ini juga wajib banget dibawa pulang. Yap, gandhos gimbal.

Inibaru.id – Pernahkan sobat Millens mencicipi makanan bernama gandos? Gandos merupakan makanan khas Jawa yang terbuat dari adonan tepung beras, parutan kelapa, dan garam secukupnya sehingga menghasilkan rasa yang gurih.  Namun, di Boyolali, penganan gandos dikreasikan sehingga menjadi kuliner unik yang patut dicoba.

Makanan ini disebut gandos gimbal. Bahan dasarnya nggak jauh berbeda dengan gandos pada umumnya, yakni dari parutan kelapa, tepung, dan garam. Akan tetapi, gandos di Boyolali dibuat dengan bahan dasar tambahan seperti telur, margarin, gula, tepung terigu, dan gula.

Pembuatan gandos gimbal. (Antara Foto/Aloysius Jarot Nugroho)

Cara membuat gandos gimbal cukup mudah dan nggak membutuhkan waktu yang lama. Namun, sebelumnya kamu perlu menyiapkan pelbagai alat termasuk cetakan gandos dan bahan-bahannya. Setelah semua alat dan bahan disiapkan, langkah pertama adalah membuat adonan utama yakni mengocok telur dan gula, kemudian campurkan tepung terigu dan parutan kelapa. Langkah berikutnya, campurkan adonan utama dengan sedikit larutan margarin, lalu masukkan ke dalam cetakan kue gandos gimbal. Terakhir, adonan yang telah dimasukkan ke dalam cetakan dioven selama 30 menit.

Eits, gandos gimbal nggak cuma disajikan dalam satu rasa, lo. Lantaran sudah dikreasikan, gandos gimbal ini dibuat dalam beberapa varian rasa. Ada tiga varian rasa yakni original, cokelat, dan green tea. Paling laris? Ya pastinya rasa cokelat karena sesuai dengan lidah orang Jawa. Legit, manis, tapi tetap gurih.

Gandos gimbal itu paling cocok dinikmati saat pagi hari dengan segelas teh hangat. Bagi sobat Millens pencinta makanan manis, gandos gimbal ini bisa jadi salah satu referensi yang patut dicoba.

Gandos gimbal rasa original. (Tokopedia)

Kuliner ini juga cocok untuk dibawa pulang sebagai buah tangan, lo. Gados gimbal umumnya dijual mulai harga Rp 20 ribu-Rp 30 ribu per kotak. Dalam satu kotak, ada 10 biji gandos gimbal yang siap santap. Saat ini, gandhos gimbal sudah dijual ke sejumlah daerah seperti Solo, Yogyakarta, Semarang, dan Jakarta. Kalau ke Boyolali, bolehlah beli gandos gimbal. He-he. (IB07/E04)