Frozen Banana Chocolate, Menu Takjil Unik yang Manis dan Menggemaskan

Suka pisang tapi bosen hanya dimakan langsung? Cobalah bikin Frozen Banana Chocolate untuk buka puasamu kali ini. Cara bikinnya gampang, rasanya pun enak!

Frozen Banana Chocolate, Menu Takjil Unik yang Manis dan Menggemaskan
Frozen Banana Chocolate (tastemade.com)

Inibaru.id - Kita mungkin tahu pisang adalah salah satu buah pengembali energi yang mujarab. Pisang cocok dijadikan sebagai menu berbuka puasa. Namun, kadang kita malas mengonsumsinya lantaran rasanya yang terlalu "biasa", sedangkan kita pengin sesuatu yang menarik. Nah, buat kamu yang merasakan hal itu, cobalah membuat Frozen Banana Chocolate.

Sesuai namanya, penganan yang juga akrab disebut sebagai banana pop itu berbahan dasar pisang dingin yang dilumuri cokelat dan dihias aneka topping manis nan menggiurkan. Hm, cocok banget untuk menu takjilmu kali ini, bukan? Selain tampak menawan dipandang mata, jajanan manis ini juga tergolong nyaman dikecap lidah begitu bedug Magrib ditabuh.

Frozen Banana Chocolate. (Youtube.com)

Takjil yang satu ini nggak hanya manis dan lezat, tapi juga bermanfaat karena terbuat dari pisang dan cokelat. Kamu tentu tahu dong betapa khasiat keduanya bagi tubuh? Dengan takaran yang tepat, pisang dan cokelat bahkan cocok untuk kamu yang lagi diet, Millens.

Nah, sembari menunggu waktu berbuka, kamu bisa kok membuat frozen banana chocolate ini sendiri. Prosesnya pun gampang. Mengutip Prelo.co.id (28/5/2017), berikut ini adalah resep yang bisa jadi acuanmu untuk membuat pisang beku berbalur cokelat ini. Cekidot!

Bahan-Bahan:

  • Beberapa buah pisang yang sudah mengkal tapi belum terlalu matang;
  • Stik es krim atau tusuk sate secukupnya;
  • Cokelat masak secukupnya;
  • Bahan topping atau taburan pilihanmu, misalnya kacang kenari, kacang mete, kacang almond yang dicacah, meises, permen kecil warna-warni, dan lain-lain.

Bahan-bahan Frozen Banana Chocolate. (marthastewart.com)

Cara Membuat:

  1. Kupas lalu potong pisang menjadi dua dan tancapkan stik es krim atau tusuk sate pada setiap ujung yang dipotong.
  2. Letakkan pisang–pisang itu di atas nampan atau wadah dan tutupi dengan plastic wrap. Bekukan dalam freezer selama kurang lebih 2-3 jam.
  3. Siapkan bahan topping di atas piring ceper.
  4. Lelehkan cokelat masakanmu. Kalau kamu nggak punya panci khusus untuk melelehkan cokelat, bisa juga memakai panci atau mangkuk kaca tahan panas yang diletakkan di atas panci berisi air yang mendidih perlahan. Usahakan air nggak bergejolak penuh gelembung besar–besar ya.
  5. Pastikan mangkukmu nggak menyentuh air mendidih itu ya, cukup berada dekat di permukaannya saja, agar bagian bawahnya nggak gosong. Jangan lupa untuk terus mengaduk cokelatmu.
  6. Jika sudah leleh, tuangkan cokelat ke dalam wadah atau gelas yang tinggi.
  7. Keluarkan pisang dari freezer. Jika bunga es terbentuk pada pisang, gunakan tisu untuk membersihkannya dengan lembut.
  8. Celupkan pisang yang sudah beku ke dalam cokelat leleh. Alternatif lainnya, kamu juga dapat menggunakan sendok untuk membantu melumuri pisang dengan cokelat agar merata. Setelah itu segera gulingkan di atas bahan topping yang kamu mau.
  9. Kemudian, masukan kembali pisang ke dalam freezer. Tunggu sekitar 30 menit atau hingga cokelat beku lagi. Taraa… frozen banana chocolate siap dinikmati deh!

Hasil jadi Frozen Banana Chocolate. (marthastewart.com)

Oya, frozen banana chocolate-mu bisa tahan hingga satu minggu di dalam freezer. Namun, jangan lupa untuk menyimpannya di dalam wadah kedap udara ya.

Frozen Banana Chocolate. (marthastewart.com)

Bagaimana, tertarik membuatnya? Rasa yang manis dan warna yang menggemaskan pasti bakal bikin kamu ingin segera berbuka. Eits, tapi tunggu azam Magrib ya, Millens! (IB05/E03)