Fried Ring Tomatoes, Camilan Krispi Selain Onion Ring

Fried Ring Tomatoes, Camilan Krispi Selain Onion Ring
Fried ring tomatos. (Westgateonline.com)

Selain bawang bombay, beberapa sayuran juga bisa diubah menjadi camilan enak. Salah satunya adalah tomat hijau yang bisa diolah menjadi fried ring tomatoes.

Inibaru.id – Menu onion ring hampir selalu ada di kafe-kafe hip belakangan ini. Makanan berbahan bawang bombai yang dibalut tepung berbumbu lalu dicocol saus itu memang seolah menjadi camilan "wajib" bagi kaum muda urban. Namun, tahukah kamu kalau tomat juga bisa dimasak seperti itu?

Yap, fried ring tomatoes namanya. Karena berasal dari Amerika bagian selatan, camilan kriuk itu ini acap dijuluki sebagai southern dishes.

Fried ring tomatoes disajikan dalam wadah pincuk daun pisang. (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Sebagian besar masyarakat di sana menjadikan fried ring tomatoes sebagai camilan pendamping menonton televisi atau menghabiskan waktu bersama keluarga.

Selain enak, makanan tersebut juga mudah dibuat. Ini seperti dikatakan Karen, seniman AS yang belum lama ini menyajikan fried ring tomatoes pada gelaran “When Puppeteers Cook”. Acara tersebut merupakan bagian dari rangkaian Pesta Boneka #6 yang berlangsung di Yogyakarta.

“Bahan-bahannya simpel. Cara membuatnya pun cukup mudah. Jadi, saya sering buat ini di rumah,” terang Karen.

Fried ring tomatoes yang disajikan Karen dan seniman lain yang berasal dari Amerika Serikat. (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Untuk membuat camilan satu ini, kamu perlu menyiapkan sejumlah bahan di antaranya tomat hijau, tepung jagung, telur, dan tepung terigu. Nah, karena tomat menjadi bahan bakunya, usahakan pilih tomat yang berukuran besar agar bisa dipotong-potong.

Selain bahan utama, kamu juga perlu menyiapkan bumbu. Nggak susah kok, cukup siapkan garam, black pepper flakes, dan bubuk cabe.

Kalau bahan dan bumbu itu sudah siap, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mencuci tomat. Setelah itu, potong-potong tomat. Usahakan bentuknya tetap bundar pipih. Lalu, kocok telur di wadah khusus. Jangan lupa tambahkan garam!

Kemudian, tuang tepung terigu di wadah yang berbeda. Begitu juga dengan tepung jagung. Selanjutnya, masukkan garam, bubuk cabe, dan black pepper flakes sesuai selera ke wadah tepung terigu. Aduklah bumbu dan tepung terigu agar tercampur rata.

Supaya mudah, urutkan wadah-wadah itu mulai dari tomat, tepung jagung, telur kocok, dan tepung terigu secara berturut-turut. Setelah itu, baluri tomat dengan tepung jagung! Kemudian, masukkan tomat yang telah dibaluri tepung jagung ke telur kocok, lalu baluri lagi dengan tepung terigu yang telah diberi bumbu, dan goreng tomat hingga sedikit kecoklatan.

Agar matang sempurna, fried ring tomatoes perlu dibolak-balik. Setelah matang, segera sajikan, karena camilan ini lebih enak dimakan saat masih hangat, Millens. Kalau masih hangat, rasanya akan krispi di luar tapi lumer di dalam. Em, bukan iklan ya! Ha-ha.

Murah dan mudah, kan? Lumayanlah untuk dibuat di rumah. Gimana, mau mencoba bikin fried ring tomatoes? (Ida Fitriyah/E03)