Food Photography Tips: Rapi adalah Kunci!

Food Photography Tips: Rapi adalah Kunci!
Ketika memotret makanan, kita perlu menyusun makanan dengan rapi. (fujifilm-blog.com)

Memotret makanan bukan berarti kita mengabaikan unsur kerapian. Makanan pun perlu disusun dengan rapi, lo! Seperti apa, ya?

Inibaru.id – Seringkali kita menampilkan banyak unsur yang dalam food photography. Makanan utama, sendok, serbet, dan cangkir bisa jadi dimasukkan dalam frame. Nah, cara mengatur posisi makanan dan segala pernak-perniknya akan memberi dampak besar pada keseluruhan hasil foto. Komposisi seperti ini nggak bisa kamu abaikan begitu saja.

Nggak ada yang lebih buruk daripada makanan yang acak-acakan di atas sebuah piring, seperti ditulis iphonephotographyschool.com. Sepakat, Millens? Karena itu, atur posisi makanan dengan rapi dan unik agar terlihat seimbang. Makanan yang rapi juga lebih mudah menarik perhatian, lo.

Susun makanan dengan rapi. (iphonephotographyschool.com)

Buah dan sayuran akan memudahkanmu karena kamu bisa memotong-motongnya dan menyusun pola tertentu di atas piring, loyang kue, atau wadah lainnya. Polanya bebas, kok. Mau melingkar, sejajar, atau horizontal, boleh-boleh saja.

Setelah posisi makanan tersusun rapi, pastikan kamu nggak menjatuhkan makanan, saus, atau benda lainnya di alas makanan yang kamu pakai. Kalau ada, segera bersihkan, ya! Kamu nggak boleh membiarkan hal seperti itu tampak di fotomu.

Makanan disusun dengan rapi. (iphonephotographyschool.com)

Jangan lupa untuk menyeimbangkan komposisi dengan cara memberi ruang kosong. Dengan begitu, seolah-olah makanan kamu bisa “bernapas”. Ruang kosong tersebut bisa kamu dapatkan dari latar belakang yang kamu pilih.

Berikan ruang kosong. (iphonephotographyschool.com)

Bereksperimenlah untuk mengetahui posisi yang tepat. Apakah makanan lebih baik diletakkan di tengah-tengah foto? Atau di pinggir?

Kalau sudah tahu, kamu bisa berkreasi dengan sisi lainnya. Kamu juga perlu mengambil foto beberapa kali sebelum akhirnya memutuskan mana hasil yang paling baik. Namun, seiring berjalannya waktu, kemampuanmu pasti semakin terasah dan kamu akan lebih terbiasa mengaplikasikan cara tersebut.

Terus berlatih, ya, Millens! (IB08/E03)