Food Photography Tips: Pilih Pencahayaan Alami!

Food Photography Tips: Pilih Pencahayaan Alami!
Pencahayaan alami dibutuhkan agar foto terlihat menarik. (Tablecrafter.com)

Bagaimana cara membuat foto terlihat ciamik dengan memanfaatkan pencahayaan alami? Ada sejumlah tips yang perlu kamu praktikkan, nih. Apa saja?

Inibaru.id – Kalau membahas food photography, sejauh apa kamu mengetahui tentang efek pencahayaan? Nggak dimungkiri bahwa pencahayaan berpengaruh besar pada hasil foto yang dihasilkan. Kamu bisa, lo, mengibaratkan lighting sebagai raja yang berdampak pada banyak elemen dalam foto. Lighting yang tepat akan membuat fotomu tampak profesional.

Menempatkan benda tembus cahaya atau diffusor, termasuk kain putih yang tipis, di antara jendela dan meja akan meningkatkan kualitas pencahayaan. Bayangan gelap dan dalam highlights yang terang yang dipengaruhi cahaya matahari langsung akan “dilembutkan” lewat teknik ini.

Dari foto di bawah ini, kamu bisa melihat bahwa foto di sebelah kiri memiliki bayangan kue lemon yang lebih gelap. Hasilnya berbeda dari foto di sebelah kanan, kan?

Pada foto kanan, bayangan kue diperhalus dengan pemanfaatan benda tembus cahaya. (Digital-photography-school.com)

Teknik selanjutnya adalah pemanfaatan black cards dan white cards. Kamu bisa membuatnya dari papan busa, lo. Buat sesuai ukuran yang kamu butuhkan. Gunakan white cards untuk memantulkan cahaya ke area berbayang dan memperkuat detail foto. Sebaliknya, gunakan black cards agar bayangan semakin jelas dan foto kamu terlihat kontras.

Hasil foto yang berbeda didapatkan dengan memanfaatkan black card dan white card. (Digital-photography-school.com)

Kamu nggak boleh lupa, subjek yang ingin kamu tampilkan harus menjadi spot paling terang dalam foto kamu. Terkadang pencahayaan alami bisa mengakibatkan background foto menjadi terang, bahkan sama terangnya dengan subjek utama dalam foto. Inilah fungsi black card.

Black cards bisa menghalau sinar yang mungkin masuk. Dengan demikian, hal yang ingin kamu sampaikan melalui foto akan terungkap dengan baik.

Dalam foto ini, teknik blocking dengan black cards digunakan untuk membuat kue menjadi spot paling terang dalam foto. (Digital-photography-school.com)

Nah, foto di bawah ini merupakan hasil akhir yang didapatkan dengan memanfaatkan diffusor yang memperhalus cahaya, white card yang memberi sentuhan bayangan, dan black card untuk menghadang cahaya yang ada pada latar belakang foto.

 

Foto yang memanfaatkan teknik pencahayaan alami. (Digital-photography-school.com)

Mudah, kan, Millens? Selamat mencoba tips ini, ya! (IB08/E03)