Food Photography Tips: Perhatikan Pemilihan Warna!

Food Photography Tips: Perhatikan Pemilihan Warna!
Komposisi warna yang tepat bisa menunjang hasil foto. (Joebrooksphotography.com)

Komposisi warna ternyata memiliki pengaruh penting untuk menghasilkan foto yang menarik. Biar kamu semakin ahli dalam food photography, coba simak tips berikut ini.

Inibaru.id – Dalam food photography, nggak ada yang salah dengan menambahkan alat makan dan minum, peralatan dapur, dan benda-benda lain yang meramaikan latar foto. Kalau berhasil, hal tersebut justru bisa memperkuat sense of place foto, seperti yang ditulis dalam tips sebelumnya.

Namun, nggak jarang seseorang justru membuat kesalahan dalam mengaplikasikan teknik ini, terutama bagi para pemula. Betul bahwa peralatan yang berwarna-warni akan membuat foto semakin terlihat bercerita. Tapi terkadang ini justru membuat orang kesulitan memfokuskan objek utama dalam itu. Alhasil, feel dalam fotomu bisa berkurang.

Mengutip Digital-photography-school.com, benda-benda tambahan yang berwarna-warni tersebut justru berpotensi “mencuri” perhatian. Ini membuat "tokoh utama" dalam fotomu jadi nggak diperhatikan. Gimana cara mengatasinya?

Trik ini mungkin bisa membantumu. Ketika kamu hendak menambahkan sesuatu dalam area foto, pilihlah benda-benda yang memiliki tone warna netral. Warna itu akan membuat objek utama menjadi terlihat menarik dalam foto. Komposisi tersebut juga membuat hasil foto tampak selaras dan memberikan efek ketenangan.

Perhatikan foto di bawah ini.

 

Komponen warna yang tepat akan mendukung hasil foto yang diperoleh. (Digital-photography-school.com)

Warna background tampak netral dengan adanya nampan hitam dan kertas roti berwarna cokelat. Komponen tersebut memperkuat warna merah cerah buah stroberi dan rhubarb di dalam Crostatas ini. Ibarat pertunjukan di atas panggung, makanan di dalam foto tersebut sudah berhasil mencuri perhatian para penonton.

Eits, tapi bukan berarti kamu nggak bisa bereksperimen dengan komposisi warna, lo. Kamu juga bisa memilih warna yang kontras agar menimbulkan efek foto yang hidup dan dinamis. Komposisi seperti ini mampu menstimulasi emosi orang yang melihat dengan cara yang berbeda, seperti ditulis laman Phonephotographyschool.com.

 

Dalam foto ini, warna kontras antara merah dan hijau berhasil dipadukan dan membuat foto terlihat lebih menarik. (Iphonephotographyschool.com)

Nggak susah, kan, Millens? Selamat belajar, ya! (IB08/E03)