Food Photography Tips: Perkuat “Sense of Place”

Food Photography Tips: Perkuat “Sense of Place”
Kari ayam. (100jaarvredespaleis.com)

Setiap orang bisa dengan mudah memencet tombol untuk mengambil gambar. Namun, nggak semua orang bisa membuat foto yang berbicara. Nah, bagaimana cara agar memperkuat sense of place dalam foto makanan? Yuk, simak tips berikut.

Inibaru.id – Saat memotret makanan, setiap elemen perlu kamu perhatikan. Apabila objeknya sudah oke, coba perhatikan bagaimana background foto yang hendak kamu ambil. Apakah ada space kosong? Hm, jangan abaikan, Millens! Cobalah berkreasi dengan area kosong tersebut. Dengan begitu, kamu bisa memperkuat sense of place yang ada dalam foto.

Tambahkan Bahan Makanan

Kelilingi masakan yang kamu buat dengan bahan-bahan makanan mentah yang dipakai. Bawang bombai, tomat, seledri, dan bahan-bahan lainnya bisa menunjukkan gimana proses penyajian masakan tersebut, lo. Dengan penataan yang apik, foto yang kamu ambil pasti makin ciamik!

Penambahan bahan makanan bisa membuat fotomu lebih menarik. (100jaarvredespaleis.com)

Letakkan Peralatan Dapur

Ingin mendapatkan hasil foto yang “berbicara”? Meletakkan peralatan dapur atau barang lainnya bisa semakin memperkuat kesan tersebut, lo, seperti yang ditulis Digital-photography-school.com.

Kamu bisa memanfaatkan gelas, mangkuk, cangkir, kaleng, sendok, garpu, atau bahkan serbet kusut untuk menunjang foto kamu. Letakkan peralatan tersebut pada sajian utama dan sekeliling masakan tersebut. Nah, suasana foto kamu pasti akan terasa lebih hidup!

Tambahkan sendok-garpu sebagai pemanis foto. (Libbyshootsfood.com)

Pertanyannya, dengan segala jenis tambahan benda di sekeliling masakan, bagaimana ya cara agar orang-orang bisa fokus dengan objek utama? Mudah saja, Millens! Tugasmu adalah memberi sentuhan line dan layers dalam foto kamu dengan memperhatikan penempatan benda-benda yang kamu tambahkan.

Coba perhatikan foto berikut ini. Biji-biji buah delima dan pisau seolah memberi efek garis yang membingkai sajian utama. Betul, kan?

Letakkan Peralatan Dapur. (Digital-photography-school.com)

Nah, kalau dalam foto berikut ini, penempatan sendok yang dilapisi es krim akan membuat pandangan langsung tertuju pada es krim dan buah persik yang dipanggang.

Letakkan Peralatan Dapur. (Digital-photography-school.com)

Selamat mencoba tips food photography ini, ya! (IB08/E03)