Food Photography Tips: Pilih Angle Foto yang Tepat!

Food Photography Tips: Pilih Angle Foto yang Tepat!
Cupcakes. (Justataste.com)

Food photography tampaknya nggak sulit, tapi nggak bisa dibilang gampang juga. Pemilihan angle atau sudut pandang sangat penting untuk membuat foto-foto makananmu menarik. Hm, mau tahu gimana caranya?

Inibaru.id – Belakangan ini food photography menjadi minat banyak orang. Setelah memesan atau memasak makanan, klik! Jepret sebentar, baru dimakan. Ha-ha. Namun, acap kali kita nggak puas dengan hasil jepretan kita. Kamu termasuk mengalami kesulitan itu, Millens

Dikutip dari Digital-photography-school.com, ada hal mendasar yang perlu kamu tahu untuk menghasilkan foto yang memikat, yakni mengenai angle alias sudut pandang foto.

Sebetulnya, dalam food photography, hanya ada sedikit angle kamera yang menunjang foto menjadi menarik. Wajar kalau kamu hanya melihat angle tertentu berulang kali ketika mengamati foto makanan. Namun, di sinilah seninya. Posisi kamera akan sangat memengaruhi cerita yang ingin kamu sampaikan lewat fotomu.

Pikirkan dan amati makanan yang akan kamu foto. Gimana ukuran dan bentuknya, seberapa berat makanan itu, dan apa yang unik dari makanan tersebut? Nah, kalau kamu sudah menemukan kualitas-kualitas utama makanan itu, arahkan kameramu pada sudut yang menurutmu akan menonjolkan kualitas tersebut.

Ada sejumlah masakan yang bakal terlihat semakin memukau ketika difoto dari depan. Tetapi, ada juga yang tampak lebih menggiurkan jika difoto dari sudut atas meja.

Nah, coba kamu perhatikan dua foto berikut ini.

Cupcakes dari dua sudut pandang. (Digital-photography-school.com)

Bentuk spiral dari krim di atas cupcakes dan tambahan topping-nya tampak lebih atraktif ketika foto dibidik dari depan. Sementara, kalau dari sudut atas, kamu bahkan kesulitan mengira-ngira ukuran atau bentuk cupcakes yang sebenarnya. Kamu seolah hanya melihat makanan itu berbentuk bundar.

Sebaliknya, salmon tacos justru lebih menggoda kalau dijepret dari arah atas. Yap, dengan membidik dari atas, bentuk dan bahan-bahan makanan yang dipakai akan tampak lebih jelas. Detail seperti ini nggak didapatkan jika salmon tacos ini difoto dari depan.

Salmon tacos. (Digital-photography-school.com)

Begitu, Millens! Nggak susah, kan, untuk belajar angle foto makanan yang menarik? Simak tips-tips lainnya mengenai food photography di Inibaru.id selanjutnya, ya! (IB08/E03)