Food Photography Tips: Kontrol Bayangan!

Food Photography Tips: Kontrol Bayangan!
Bayangan objek dalam foto harus dikontrol agar hasil foto lebih ciamik. (Bpimaging.com)

Saat memotret, bayangan yang dihasilkan objek dalam foto nggak bisa disepelekan begitu saja, lo. Kamu perlu memahami cara mengontrol bayangan agar foto kamu nggak didominasi bayangan saja dan melumpuhkan peran objek utama di dalamnya.

Inibaru.id – Dalam fotografi jenis apa pun, bayangan merupakan komponen yang penting untuk diperhatikan. Ada dua kemungkinan yang muncul, yakni bayangan tersebut akan mempercantik foto atau justru merusak harmonisasinya.

Bayangan mampu memperkuat foto, menambahkan kesan dalam, serta menjadi komponen visual yang menarik. Hasil tersebut bisa didapatkan kalau kamu memanfaatkan bayangan secara tepat.

Intensitas bayangan bergantung pada jenis cahaya yang masuk dalam area foto. Cahaya matahari langsung yang kuat akan memunculkan bayangan yang sangat gelap. Sementara, mendung dapat membuat cahaya matahari menyebar dan memperhalus bayangan yang muncul.

Bayangan gelap yang kuat dihasilkan dalam foto ini. (Iphonephotographyschool.com)

Foto di atas diambil di bawah cahaya matahari yang terang. Coba perhatikan, Millens. Bayangan gelap tersebut merupakan bayangan dari objek-objek di dalam foto. Yap, terkadang, bayangan yang kuat mampu mengimprovisasi komposisi foto, terutama saat bayangan yang muncul berbentuk unik dan menarik.

Eits, tetapi secara umum, lebih baik kamu menghindari bayangan yang terlalu kuat. Ini dikarenakan bayangan yang lembut mampu menciptakan kedalaman foto yang halus dan dimensi yang menarik tanpa mendominasi layar.

Untuk menghindari bayangan yang terlalu kuat, memotretlah di tempat yang teduh atau pada saat hari sedang mendung. (Iphonephotographyschool.com)

Jika kamu memotret di dalam ruangan dan cahaya matahari masuk melalui jendela, gunakan kain putih transparan untuk menghasilkan difusi cahaya. Kalau nggak memungkinkan, kamu juga bisa memindahkan makanan agar jauh dari jendela.

Nah, kalau kamu memotret di luar ruangan saat hari sedang cerah, kamu bisa menggunakan reflektor untuk mengurangi kekuatan bayangan. Nggak harus memakai reflektor profesional, kok. Kamu juga memanfaatkan secarik kertas putih. Caranya? Letakkan reflektor pada tempat yang terisi bayangan sehingga reflektor tersebut menghadap ke matahari.

Cahaya matahari akan dihadang oleh reflektor dan memantulkannya kembali. Dengan demikian, bayangan yang muncul nggak akan gelap.

Dengan memanfaatkan reflektor, bayangan dalam foto ini tampak lebih terang. (Iphonephotographyschool.com)

Sip, deh! Sekarang kamu bisa memperhatikan komponen bayangan dalam foto secara mendetail. Tunggu tips lainnya, ya! (IB08/E03)