Food Photography Tips: Keep It Simple!

Food Photography Tips: Keep It Simple!
Cupcakes. (stephanbrady.com)

Terkadang, elemen tambahan dalam foto makanan seperti peralatan makan atau bahan masakan memang diperlukan. Eits, tetapi kamu nggak boleh lupa bahwa less is often more!

Inibaru.id – Kendati ada banyak tips untuk membuat fotomu makin ciamik, kamu nggak boleh lupa bahwa foto yang sederhana juga bisa memikat dengan caranya sendiri. Yap, kamu nggak harus selalu memberikan dekorasi berlebih dan benda-benda tambahan untuk menyuguhkan foto yang menarik. So, keep it simple!

Kalau makanan yang hendak kamu foto memiliki bentuk dan warna yang kuat, dan background yang kamu pilih juga sangat kontras, kamu sejatinya hanya membutuhkan satu komposisi minimalis untuk menciptakan pengaruh yang kuat.

Sebaliknya, kalau makanan yang kamu tampilkan sebetulnya sudah menawarkan keistimewaannya, jangan kamu “rusak” dengan elemen tambahan lain biar fotomu tetap terlihat indah.

Buah dalam keranjang. (iphonephotographyschool.com)

Agar tampilan visualmu semakin kuat, tempatkan makanan tepat di tengah-tengah frame. Jangan tambahkan dekorasi apa pun.

Oya, lebih baik kamu juga menghindari penggunaan piring atau cangkir yang bermotif dan berwarna terang. Pilih piring atau cangkir yang berwarna putih polos saja, ya. Dengan demikian, warna yang ada nggak akan mencuri perhatian dan melenyapkan eksistensi sajian makanan di dalam foto, seperti dikutip dari iphonephotographyschool.com.

Food photography. (iphonephotographyschool.com)

Ini juga berlaku jika kamu memotret foto dari dekat atau secara close up. Kamu semakin nggak memerlukan dekorasi tambahan apa pun dalam situasi tersebut.

Coba lihat foto di bawah ini, Millens. Tekstur dan warna dari baked pumpkin akan lenyap dari sorotan kalau ada elemen tambahan di dalam layar foto.

Buah yang dipanggang. (phonephotographyschool.com)

Singkatnya, dalam fotografi, less is often more! Semoga membantu meningkatkan keahlian food photograohy-mu ya, Millens! (IB08/E03)