Food Photography Tips: Edit Foto, Kenapa Nggak?

Food Photography Tips: Edit Foto, Kenapa Nggak?
Chicken wings. (jeffreyamcdonald.photoshelter.com)

Demi menghasilkan hasil jepretan yang menarik, nggak ada salahnya, lo, kamu mengedit foto dengan aplikasi unduhan dari internet. Yuk, simak tips berikut ini!

Inibaru.id – Sajian makanan memiliki beragam warna yang menarik. Semakin ciamik fotonya, kita bakal menjadi semakin tergoda untuk mencicipi makanannya. Hmm, yummy! Namun, terkadang kameramu nggak bisa menangkap warna tersebut dengan tepat seperti yang kamu inginkan. Hasil foto jadi terlihat biasa saja dan nggak menggiurkan.

Duh, saat kamu pengin warna yang lebih terang dan jelas, hasilnya malah nggak seperti itu. Detail mencolok yang kamu ingini juga nggak kamu dapat. Atau, sebaliknya, kamu merasa fotomu bakal lebih bagus jika warnanya lebih lembut, seperti saat memotret es krim beraneka rasa yang berwarna pastel. Gimana dong?

Mengedit warna menggunakan aplikasi bisa memberi sentuhan menarik pada foto. (iphonephotographyschool.com)

Tenang, kamu bisa kok mengatur warna pada foto-fotomu. Gunakan saja aplikasi untuk mengedit foto! Salah satu aplikasii favorit yang kerap dipakai adalah VSCO, Snapseed, atau silakan pilih sendiri yang kamu pikir paling cocok dan kamu kuasai.

Penulis kenamaan AS, Ernest Hemingway bilang, "Draf pertama dari apapun adalah sampah." Jadi, jangan berpikir tiap foto yang kamu jepret pasti bagus ya, Millens. Pakailah alat bantu yang akan memunculkan kualitas terbaik dari foto itu. Yap, editing!

Kuliner di dalam foto akan tampak lebih menggiurkan. (iphonephotographyschool.com)

Mengedit berbeda dengan memodifikasi, lo! Cobalah mengutak-atik terang-gelapnya, kontras, bayangan, dan lain-lain. Terus, kamu juga bisa memanfaatkan filter. Sekali tap, jadi deh! Ha-ha. Pilih filter yang memperkuat warna dan mood foto. Semakin jelas warna dalam foto, semakin kuat pula aura semangatnya.

Sementara, seperti ditulis iphonephotographyschool.com, filter yang memberi efek pudar pada warna akan memberi efek lembut pada keseluruhan hasil foto

Gunakan tools pada aplikasi untuk mempercantik hasil foto. (iphonephotographyschool.com)

Kalau kamu nggak menyukai filter, kamu bisa menggunakan tools yang ada untuk mengatur efek foto sesuai seleramu, misalnya saturasi warna, ambiance, warmth, dan sebagainya. Pengaturan-pengaturan tersebut bisa membantumu untuk mendapatkan hasil foto sesuai keinginanmu.

Oya, jangan merasa sayang untuk membuang area foto yang nggak diperlukan. Kalau jangkauan foto dalam frame terlalu lebar, crop saja!

Semoga foto hasil jepretanmu semakin memikat, ya! (IB08/E03)