Food Photography Tips: Atur Exposure!

Food Photography Tips: Atur Exposure!
Mengatur exposure penting dilakukan dalam memotret makanan. (lightroombrasil.com.br)

Dalam memotret apa pun, termasuk foto makanan, kamu perlu memperhatikan exposure. Apa itu exposure?

Inibaru.id – Ketika kamu menciptakan komposisi foto dengan elemen-elemen tambahan dan sudut yang kamu inginkan, ada satu hal terakhir yang harus kamu perhatikan sebelum kamu memencet tombol shutter. Apa itu? Yap, mengatur level exposure kamera!

Mudahnya, exposure merupakan banyaknya cahaya yang jatuh ke sensor gambar dalam proses pengambilan foto. Masalah utama yang kerap terjadi dalam food photography adalah ketika piring dan background berwarna putih menjadi over-exposed a.k.a terlalu terang sehingga menghilangkan detail strukturnya.

Food photography. (iphonephotographyschool.com)

Untuk menghindari over-exposure, kamu harus selalu memahami highlight atau fokus sorotan dalam fotomu. Maksudnya, kamu perlu mengatur level pencahayaan sehingga kamu tetap bisa melihat detail foto di area yang terang.

Masalah terbesar yang bakal kamu hadapi adalah saat memotret benda-benda dengan warna yang kontras. Misalnya, kamu perlu memotret piring putih dengan latar belakang berwarna hitam. Nah, kontras banget, kan?

Kamera perlu “bekerja keras” untuk mempertahankan detail foto yang ada di highlights (area terang) dan bayangan (area gelap). Kalau nggak hati-hati, highlights bisa menjadi over-exposed atau bayangan bisa menjadi under-exposed.

Atur exposure dalam fotomu. (iphonephotographyschool.com)

Dalam kasus tersebut, lebih baik kamu mengatur exposure pada highlight. Ini lantaran kamu bisa mengatur bayangan menjadi terang dengan sedikit editan pasca-mengambil foto. Sebaliknya, kamu bakal kesulitan untuk mengedit detail foto yang memiliki over-exposed highlights, seperti ditulis iphonephotographyschool.com.

Mau tahu tips yang lebih sederhana lagi? Hindari warna yang terlalu kontras alias terang dan gelap di fotomu, Millens! Jadi, kamu bisa memilih latar atau objek yang nggak terlalu kontras warnanya ya! Selamat mencoba! (IB08/E03)