Fakta Menarik Seputar Gelato yang Perlu Kamu Tahu

Fakta Menarik Seputar Gelato yang Perlu Kamu Tahu
Bar gelato yang ada di Rabbit Gelato. (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Gelato semakin populer di kalangan anak muda. Di balik kelezatan es rendah lemak ini, ada sejumlah fakta yang menarik untuk ditelisik. Berikut beberapa di antaranya.

Inibaru.id - Punya rasa yang dominan manis, dingin-dingin segar, dan nggak bikin gendut, itulah gelato. Nggak salah kalau banyak orang jatuh hati pada es khas Italia ini. Eksistensi gelato juga terus menanjak dengan banyaknya kedai gelato yang buka di setiap daerah.

Ngomong-ngomong masalah gelato, ada sejumlah fakta menarik tentang es satu ini, lo. Yuk, simak lima fakta menarik tentang gelato.

Berarti Beku

Dalam bahasa Italia, gelato berarti beku. (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Essentialitaly.co.uk (4/6/2018) menulis, gelato berasal dari bahasa Italia congelato yang berarti beku. Hal ini terlihat dari tektur gelato yang lebih padat dari es krim biasanya. Tekstur yang lebih padat itu dikarenakan udara yang terperangkap di dalam gelato lebih sedikit dibanding es krim.

Nggak Bikin Nyilu

Gelato disimpan dalam suhu yang lebih rendah daripada es krim. (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Gelato diklaim nggak bikin gigi ngilu seketika karena gelato disajikan dalam suhu yang lebih hangat daripada es krim. Pemilik Rabbit Gelato Vanessa Sandjaya mengatakan, es krim dan gelato disajikan dalam suhu yang berbeda.

“Lebih hangat, nggak sedingin es krim. Kalau es krim itu disimpan pada suhu minus 20° celsius, gelato cuma minus 13° celsius, jadi lebih anget,” tutur Vanessa.

Rendah Lemak

Hasil gambar untuk low fat gelato

Gelato mengandung lemak yang lebih rendah daripada es krim. (Businessinsider)

Bagi pelaku diet, gelato bisa jadi alternatif “khilaf” kalau sedang pengin es krim. Kandungan lemak dalam gelato disebut lebih sedikit ketimbang es krim, jadi cukup aman untuk dikonsumsi sesekali. Perbedaan kandungan lemak ini terjadi karena bahan dasar kedua jenis es krim itu berbeda.

“Es krim kan base-nya krim jadi lemaknya banyak. Kalau gelato kan (dibuat dari) susu jadi nggak banyak (lemaknya),” imbuh Vanessa.

Istilah Khusus

Para pembuat gelato disebut gelati sedangkan kedai yang menjual gelato disebut gelateria. (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Sama dengan kopi yang melabeli peraciknya sebagai barista, gelato juga penyebutan khusus untuk hal-hal semacam itu. Para penjual dan peramu gelato biasa disebut gelatai. Sementara, kedai atau toko yang menjual gelato dinamakan gelateria.

Sorbetto

Gambar terkait

Sorbet biasanya terbuat dari buah-buahan. (Taste)

Sorbetto dan gelato memiliki wujud yang sama yakni sama-sama es padat khas Italia. Yang membedakan keduanya adalah dalam pembuatan sorbetto nggak menggunakan susu sama sekali. Sorbetto atau sorbet biasanya menggunakan rasa buah-buahan sehingga lebih segar. Selain itu, tekstur sorbet juga nggak terlalu padat seperti gelato.

Menggunakan Paddle

Hasil gambar untuk paddle gelato

Gelato cenderung menggunakan paddle daripada scoop. (Flickr)

Mentalfloss.com (24/6/2016) mengatakan, gelato lebih sering diambil menggunakan paddle daripada sekup. Penggunaan paddle ini dianggap lebih efektif karena lebih mudah mengambil gelato. Nggak segan-segan, halaman yang sama menulis gelato asli adalah yang mengambilnya pakai paddle. Meski begitu, untuk memudahkan menempatkan gelato pada wadah cone, para gelatai biasanya menggunakan sekup.

Affogato

Hasil gambar untuk affogato

Affogato adalah perpaduan antara gelato dan espresso. (Vinepair)

Bagi para coffee addict, gelato juga bisa dinikmati bersama secangkir espresso, lo. Minuman gabungan itu dinamakan affogato. Meski begitu, beberapa kedai kopi biasanya menyajikan affogato dengan es krim biasa sehingga rasanya kurang maksimal.

Yap, itulah sejumlah fakta tentang si es manis nan lembut asal Italia. Hayo, siapa nih yang candu pengin gelato melulu? (Ida Fitriyah/E05)