Es Mie Jelly Buah, Minuman Unik dengan Bahan Terbaik
Es Mie Jelly Buah terletak di sekitar Taman Singosari, depan Wonderia. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)

Es Mie Jelly Buah, Minuman Unik dengan Bahan Terbaik

Cari yang seger-seger tapi unik? Sepertinya Es Mie Jelly Buah bisa kamu jadikan rujukan. Selain segar, minuman dari jelly dan buah ini juga bebas pengawet dan pemanis buatan. Kamu bisa kunyah-kunyah tanpa gelisah.

Inibaru.id – Melewati jalan di depan Wonderia Semarang, saya melihat ada penjual es unik bernama Es Mie Jelly Buah. Tepatnya di pinggir jalan dekat Halte BRT Wonderia, nggak jauh dari Taman Singosari. Cocok! Saat itu cuaca tengah terik. Rasanya matahari seperti beranak dua. Ha ha

Bentuk es ini sangat unik, mengingatkan saya pada mi ayam. Entah karena terlalu imajinatif atau apa, tapi saya membayangkan helaian jelly sebagai mi, potongan jelly warna-warni sebagai ayam, potongan melon jadi sayurannya, dan sirop merah menjadi "sausnya". Ya, mungkin saya kena efek sengatan matahari yang overdozed. Ha ha

Serasa makan semangkuk mi kenyal, tapi rasanya manis dan segar. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)

Rasanya sudah pasti segar! Semua bahan yang ada di dalam mangkuk juga enak. PAs banget untuk membebaskan diri dari dahaga. Saya juga nggak merasakan ada bahan pemanis. Eh, ternyata saya benar, penjualnya bernama Pira mengungkapkan jika minuman yang ini seratus persen dari bahan asli tanpa pengawet. 

“Yang dinamai es mi ada mi jelly-nya, kalau buah ada satu yaitu melon. Dulu pernah ada pepaya, tapi ada pembeli yang nggak mau pakai pepaya. Ya udah aku kasi melon aja, kan pepaya juga nggak tahan lama dan lembek,” katanya.

Perempuan Salatiga yang telah menetap di Semarang sejak 1986 itu menceritakan, pernah suatu hari ada seorang laki-laki muda yang pesan minumannya. Pira bilang pada laki-laki itu jika minuman yang disajikanya tanpa pemanis, laki-laki itu pun menjawab, "tahu Bu, nggak usah dikasi tahu udah tahu. Lidah saya nggak bisa diapusi." Pira pun tersipu mengisahkan hal tersebut.

"Itu alami semua. Sirupnya aja asli Mbak pakai bikinan sendiri. Dulu pernah kukasih sirup botol yang beli bilang, ‘sirupnya jangan botol Bu, kayak yang kemarin. Enakan yang kemarin’," ucap Pira.

Cukup dengan Rp 5.000 kamu bisa menikmati kesegaran minuman ini. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)

Dia juga punya prinsip nggak akan menjual apa yang dia nggak mau. Salut!

Pira memulai kerjanya dari pukul sepuluh pagi hingga setengah enam sore. Jika ramai dalam sehari dia bisa menjual hingga lebih dari 100 cup, hingga kewalahan. Kadang dia juga mendapat pesanan acara-acara seperti ulang tahun dan arisan.

Menarik juga ya Millens jenis usaha Bu Pira ini. Jadi kepikiran membuat ide usaha unik yang serupa, ha-ha. (Isma Swastiningrum/E05)