Es Krim Buatan Sendiri Kurang Enak? Bisa Jadi Ini Kesalahannya

Es Krim Buatan Sendiri Kurang Enak? Bisa Jadi Ini Kesalahannya
Kesalahan yang sering dilakukan ketika membuat es krim di rumah. (Flickr/andie712b)

Siapa sih yang nggak suka menikmati lezatnya es krim? Sensasi dingin dan lumer di mulut ketika memakannya sangat menyegarkan. Nggak melulu harus beli, es krim juga bisa dibuat sendiri. Hanya, terkadang rasa es krim buatan sendiri justru kurang nikmat. Apa penyebabnya, ya?

Inibaru.id – Saat santai di rumah aja, terkadang kamu tiba-tiba ingin makan es krim. Hanya, suhu udara yang panas atau jarak toko yang jauh membuatmu malas membelinya. Nggak perlu bingung, kamu bisa membuat es krim rumahan sendiri, kok.

Membuat es krim nggak sesulit yang dibayangkan. Tips-tips membuatnya bisa dengan mudah kamu cari di internet. Bahan-bahan pembuatannya juga bisa kamu cari di dapur. Asalkan cermat membuatnya, es krim yang dihabiskan bisa sangat memuaskan.

Hanya, banyak orang yang mengeluhkan es krim buatan sendiri kurang berasa, kurang creamy, atau teksturnya yang nggak bisa halus dan lembut. Hal ini tentu akan membuatmu nggak puas, bukan? Nggak perlu khawatir, biasanya hal ini disebabkan oleh kesalahan-kesalahan yang nggak sengaja sering kamu buat ini, kok.

Menggunakan Susu Rendah Lemak

Lemak dalam susu akan menghasilkan tekstur yang halus dan lembut pada es krim. Kalau kamu membuat es krim menggunakan susu rendah lemak, teksturnya pun nggak akan sempurna. Rasanya juga akan nggak maksimal karena es krim nggak bisa benar-benar membeku.

Jadi, jangan lupa gunakan susu full cream atau full fat ketika membuat es krim ya? Bukan susu yang rendah lemak.

Lemak dalam susu akan menghasilkan tekstur yang halus dan lembut pada es krim. (theviewfromgreatisland.com)
Lemak dalam susu akan menghasilkan tekstur yang halus dan lembut pada es krim. (theviewfromgreatisland.com)

Wadah Es Krim Nggak Dingin

Wadah es krim memang terlihat nggak begitu berpengaruh, namun hal ini bisa menentukan kondisi es krim yang kamu buat, lo. Kalau wadah es krim yang kamu pakai nggak bisa memastikan suhu adonan es krim benar-benar beku, es krim buatanmu pun nggak bisa memuaskan.  

Kesalahan membuat es krim. (Flickr/Chris Sammis)
Kesalahan membuat es krim. (Flickr/Chris Sammis)

Pastikan wadah yang kamu gunakan dalam keadaan dingin. Sebelum diberi adonan es krim, masukkan wadah ini ke dalam freezer seharian.

Menggunakan Bahan Baku yang Nggak Dingin

Bahan es krim kurang dingin. (Flickr/

Sarah D Taransa)
Bahan es krim kurang dingin. (Flickr/ Sarah D Taransa)

Nggak hanya wadah yang harus dingin, suhu bahan baku juga harus diperhatikan. Dinginkan bahan baku dan susu sebelum membuat es krim. Hal itu akan membuat es krim lebih cepat padat.

Jumlah Es Krim yang Terlalu Banyak

Takaran ideal dalam pembuatan es krim adalah bahan baku hanya boleh mengisi mangkuk es krim hingga tiga perempat bagian. Jangan masukkan adonan es krim sampai penuh. Hal ini justru akan membuat tekstur serta rasanya nggak merata. Es krim juga rawan tumpah.

Sesuaikan es krim dengan mesin yang digunakan. (freepik.com/freepik)
Sesuaikan es krim dengan mesin yang digunakan. (freepik.com/freepik)

Nggak Sabar Ketika Membuat

Sabar juga menjadi kunci penting agar es krim yang kamu buat berhasil. Meski membuat es krim terlihat mudah, tapi tetap dibutuhkan kesabaran dalam membuatnya. Proses pembuatannya memerlukan waktu yang panjang, mulai dari mengocok susu dan bahan lainnya hingga adonan es krim dibekukan.

Lakukan berbagai tahapan pembuatan es krim sesuai dengan petunjuk agar hasilnya bisa maksimal. Kalau nggak, es krim yang kamu buat pun hasilnya kurang enak.

Proses pembuatan es krim memerlukan waktu yang panjang. (shutterstock)
Proses pembuatan es krim memerlukan waktu yang panjang. (shutterstock)

Bagaimana, Millens? Tertarik untuk membuat es krim sendiri di rumah atau justru lebih suka membelinya saja di toko, nih? (Det/MG29/E07)