4 Makanan Pengganti Nasi Ini Bisa Menurunkan Berat Badan

4 Makanan Pengganti Nasi Ini Bisa Menurunkan Berat Badan
Memilih bahan makanan. (Dietdoctor)

Nasi putih sering kali dikambinghitamkan kalau berat badan naik. Kandungan kalori yang cukup tinggi memang berpotensi membuat angka di timbangan terus bertambah terutama untuk orang-orang yang memiliki metabolisme lambat.

Inibaru.id - Tahun sudah berganti, tapi resolusi tahun lalu untuk menurunkan berat badan masih belum bisa terpenuhi? Nggak usah sedih, Millens. Yuk, kita upgrade resolusi, bulatkan tekad, pegang teguh komitmen dan nggak gentar melakukan diet demi berat badan yang lebih proporsional!

Ada satu upaya diet yang bisa kamu lakukan untuk mengawali tahun ini. Ya, mulai dulu dengan mengurangi atau menghindari makan nasi putih. Selama ini nasi dikenal sebagai karbohidrat yang nggak cocok buat diet karena mengandung banyak gula dan dapat menumpuk lemak. Jadi, carilah gantinya. Berikut ini adalah bahan makakan sumber tenaga yang bisa kamu makan pengganti nasi.   

Kentang

Protein dan lemak sehat dalam kentang akan membuatmu tetap kenyang tanpa takut gemuk. (Thinkstock)

Kamu bisa mengonsumsi kentang dengan cara merebus atau mengukusnya. Sebaiknya kentang nggak digoreng, ya. Kentang bersama sayur-mayur pasti bakal menjadi menu sarapan yang mengenyangkan, penuh dengan vitamin dan nutrisi.

Beras Merah

Beras merah, andalan para pejuang diet. (Indepthguide)

Dibanding beras biasa untuk nasi putih, beras merah mengandung lebih sedikit gula dan lebih banyak protein juga serat. Jika mengonsumsi beras merah, kamu akan merasa lebih kenyang. Hanya dengan lima sendok beras merah ditambah sayuran, protein hewani dan segelas jus, dijamin tubuhmu siap untuk beraktivitas.

Quinoa

Quinoa, makanan super dari Pegunungan Andes, Peru. (Fablunch)

Bagi mereka yang berdiet, quinoa sudah nggak asing lagi. Ini adalah bahan makanan yang mengandung sembilan asam amino esensial, bebas gluten, tinggi serat, mengandung magnesium, vitamin B, kalium, zat besi, vitamin E dan fosfor. Nggak heran kalau quinoa dijuluki makanan super.

Mie Shirataki

Mie shirataki. (Dlife)

Sering disebut “white waterfall” bahan makanan satu ini berbentuk mie yang transparan, putih dan mulur. Mi khas Jepang tersebut sangat rendah kalori lo, Millens. Sekitar 97 persen mi ini berupa air dan berserat tinggi. Jadi, saat mengonsumsinya, kamu dijamin bakal merasa kenyang lebih lama.

Mie yang terbuat dari 100 persen umbi gajah atau konjac nggak hanya berguna untuk menurunkan berat badan, tapi juga berguna untuk mengobati sembelit dan menjaga kestabilan gula darah.

Itulah bahan makanan yang lebih baik kamu makan ketimbang nasi putih. Jadi, meski menjaga jarak dengan nasi putih, perutmu masih aman kan, Millens? (IB20/E05)