Jenang Jaket, Satu dari Empat Penganan Khas Banyumas yang Bisa Jadi Buah Tangan Sepulang dari Banyumas

Jenang Jaket, Satu dari Empat Penganan Khas Banyumas yang Bisa Jadi Buah Tangan Sepulang dari Banyumas
Getuk Sokaraja. (siswonesia.com)

Kabupaten Banyumas memiliki beberapa kuliner tradisional yang bisa menjadi oleh-olehmu mudik. Dengan rasa yang khas, makanan-makanan ini bisa menjadi buah tangan yang pas untuk keluarga dan teman.

Inibaru.id – Kabupaten Banyumas di Jawa Tengah memiliki beragam kuliner dengan rasa yang khas. Jika kamu sedang bingung mencari oleh-oleh untuk mudikmu, makanan-makanan dari kabupaten ini boleh banget, lo, kamu lirik. Berikut beberapa makanan yang patut masuk kantong belanjaanmu.

Getuk Goreng Sokaraja

https://www.inibaru.id/media-files/nuploads/59/wisatabanyumas.jpg

Dengan rasanya yang legit, getuk goreng Sokaraja bisa jadi oleh-oleh mudik yang tepat. (Wisatabanyumas)

Getuk goreng biasanya dicampur dengan gula merah untuk memperkaya rasa. Getuk goreng Sokaraja pun nggak meninggalkan bahan ini. Bedanya, getuk ini melalui dua proses pembuatan.

Singkong sebagai bahan dasar makanan ini diolah dengan cara dikukus. Setelah dikukus, barulah ubi ini dilumatkan bersama tepung terigu, gula merah, dan tepung beras untuk selanjutnya digoreng. Rasanya? Hm, makin nikmat kalau ada teh hangat! Ha-ha.

Jenang Jaket

https://ecs7.tokopedia.net/img/cache/700/product-1/2018/8/28/3484968/3484968_a6a0f7e0-8286-451e-b735-260322d7f89d_780_672.jpg

Jenang jaket biasanya disuguhkan pada acara-acara hajatan. (Tokopedia)

Jenang jaket biasanya disuguhkan pada acara-acara hajatan. Namun, nggak sulit untuk menemukan makanan ini di beberapa pusat oleh-oleh. Jenang jaket dibuat dari tepung ketan, gula merah, dan santan kelapa.

Rasanya legit dengan tekstur yang lengket. Per bungkus jenang jaket biasanya dijual dengan harga sekitar Rp 20 ribu. Terjangkau, kan?

Nopia

https://s3.bukalapak.com/img/3187099442/w-1000/nopia_aroma02.jpg

Nopia biasanya diisi dengan gula jawa atau kacang hijau. (Bukalapak)

Nopia menjadi makanan khas Banyumas berikutnya yang patut kamu borong. Nopia dibuat dari tepung terigu dengan isian berupa kacang hijau atau gula jawa. Menikmati makanan ini, kamu mungkin akan teringat bakpia khas Yogyakarta.

Hm, mau borong yang mana, nih? Sebaiknya, sebelum berbelanja, siapkan dulu bujetmu supaya nggak boros. Nggak mau kan kehabisan uang di tengah perjalanan mudik gara-gara terlalu banyak belanja? Gunakan uangmu dengan bijak ya, Millens. (IB15/E03)