Buah dan Sayur Kaleng Perlu Dicuci Lebih Dulu Nggak sih?

Buah dan Sayur Kaleng Perlu Dicuci Lebih Dulu Nggak sih?
Buah dan sayuran kaleng. (Girlisme)

Buah dan sayuran kaleng memang praktis. Tinggal dibuka langsung dimasak. Namun, sebelum dimasak, ada baiknya dicuci lebih dulu.

Inibaru.id – Tidak dapat dimungkiri, kehadiran buah dan sayur kaleng cukup menguntungkan bagi kamu yang super sibuk. Buah dan sayur yang dikemas praktis ini mudah dibawa dan siap dikonsumsi kapanpun. Namun, perlukah sayur dan buah itu dicucui terlebih dahulu sebelum dikonsumsi?

Kaleng yang digunakan untuk mengemas buah serta sayur tersebut memang diklaim steril dari kuman. Akan tetapi, ada baiknya kalau kamu mencuci terlebih dahulu buah dan sayur kalengan itu.

Berbagai varian sayur yang dikemas dalam kaleng. (http://life.108jakarta.com)

Produsen biasanya memakai air garam sebagai bahan pengawet buah dan sayur kalengan itu. Kendati alami, tetap saja bahan pengawet tersebut bisa berubah menjadi zat yang berbahaya. Kadar sodium dalam air garam dapat meningkat drastis ketika disimpan lama. Sebagai akibat, zat tersebut dapat memicu kanker, darah tinggi, strok hingga kerusakan ginjal. Serem kan, Millens?

Alangkah baiknya jika sayur atau buah kaleng dicuci dengan air dingin yang mengalir.(Kaskus)

Nah, karena itulah, alangkah baiknya kalo buah dan sayur kaleng tetap dicuci lebih dulu sebelum dikonsumsi. Oya, usahakan cuci buah dan sayur kaleng tersebut dengan air dingin yang mengalir ya, Millens. Jangan lupa dibilas sampai bersih agar residu garam yang terkandung dapat luntur dengan baik. Kalau sudah bersih, buah dan sayur lebih aman dan sehat deh! (IB23/E04)