<em>Egg Roll</em> Waluh, Se-<em>kriuk</em> Kue Semprong, tapi Lebih Mudah <em>Ambyar</em> di Mulut
Sekilas, kue semprong dan egg roll terlihat sama. (Resepkoki.id)

Egg Roll Waluh, Se-kriuk Kue Semprong, tapi Lebih Mudah Ambyar di Mulut

Renyah digigit, tapi empuk saat dikecap, itulah egg roll waluh, camilan asal Cepu. Menjadi salah satu oleh-oleh andalan di sana, kue kering ini sekilas mirip kue semprong, tapi nggak benar-benar sama. Hm, apa yang membuatnya berbeda?

Inibaru.id - Egg roll waluh, mendengar namanya saja kamu mungkin sudah bisa menebak camilan macam apakah itu. Yap, penganan khas Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, itu memang merupakan kue kering gulung yang berbahan utama waluh atau labu kuning.

Sekilas dilihat, egg roll waluh mirip kue semprong. Saat dimakan, teksturnya juga renyah. Namun, ada satu hal yang membedakan, yakni oleh-oleh khas Cepu ini lebih lembut dan mudah hancur di mulut, mirip kue nastar atau lidah kucing.

Kue semprong menggunakan tepung sagu sebagai bahan paling dominan, sehingga teksturnya renyah, tapi keras. Sementara, bahan dasar labu yang lembut plus telur yang cukup banyak membuat egg roll waluh lebih mudah "ambyar" di mulut ketimbang kue semprong.

Kue semprong dan egg roll sama-sama krenyah. (Resepkuerenyah)

Egg Roll Labu Kaya Gizi

Nggak cuma enak dicamil, egg roll khas Cepu, yang terbuat dari tumbuhan rambat labu kuning, kaya akan kandungan vitamin C dan A. Buah bernama latin Cucurbita pepo itu juga dipercaya mengandung magnesium, serat, folat, dan antioksidan yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Di Cepu, egg roll waluh biasanya diproduksi dalam industri rumahan yang diolah para ibu. Nggak hanya rasa orisinal, saat ini penganan tersebut juga mulai dikembangkan dengan pelbagai varian rasa dan warna.

Perlu kamu tahu, agak berbeda dengan kue semprong, egg roll waluh lebih rentan melempem jika terkena udara terbuka. Jadi, untuk menjaganya tetap renyah, kamu harus menyimpannya di toples yang tertutup rapat, ya! (MG26/E03)