Egg Roll Waluh, Kue Empuk dan Renyah Khas Cepu yang Melegenda

Kalau kamu berkunjung ke Cepu, Jawa Tengah, kota tersebut nggak hanya terkenal akan kuliner khas kopi kotok, serabi, atau sego pecelnya saja. Sebab ada satu lagi yang melegenda dan endemis (tetap di tempat tertentu), camilan itu bernama egg roll waluh.

Egg Roll Waluh, Kue Empuk dan Renyah Khas Cepu yang Melegenda
Egg roll waluh kuliner khas Cepu. (Instagram/ngudiroso_eggroll)

Inibaru.id - Cepu, sebuah kecamatan di ujung timur Kabupaten Blora, Jawa Tengah, nggak banyak dikenal orang kecuali Blok Cepu-nya. Nggak banyak yang tahu daerah yang berlokasi di tapal batas Jawa Timur dan Jawa Tengah itu punya kekayaan kuliner yang memanjakan lidah, salah sataunya egg roll waluh.

Egg roll adalah semacam biskuit gulung yang telah lama menjadi teman minum teh di Eropa. Orang Norwegia menyebutnya krumkake, sedangkan warga Filipina, yang kemungkinan mendapat pengaruh Spanyol, menamai kue yang familiar sebagai kue semprong itu barquillos

Nah, agak berbeda dengan kue semprong Eropa, egg roll khas Cepu menggunakan tambahan waluh atau labu kuning dalam pembuatannya. Di daerah berjuluk Bumi Arya Penangsang ini, kamu bakal dengan mudah menemukan egg roll waluh di toples-toples yang dihidangkan saat Lebaran.

Berbagai varian rasa egg roll. (Instazu/isnaaliyah)

Kue kering itu bertekstur renyah tapi agak empuk. Untuk rasa original, egg roll waluh biasanya berwarna coklat muda. Namun, untuk menarik pembeli sekaligus membedakan varian rasa, kletikan ini juga diberi warna lain. Beberapa pilihan rasa yang kamu bisa cicipi di antaranya adalah vanila, coklat, kacang hijau, pandan, stroberi, dan melon.

Saat Lebaran, egg roll umumnya disajikan pada nampan kecil atau toples kaca. Eits, tapi nggak perlu nunggu Lebaran untuk mencicipinya, karena biskuit gulung ini diproduksi tiap hari, kok. Banyak industri rumahan di Cepu yang memproduksi dan memasarkannya setiap hari.

Sekotak kecil egg roll waluh biasanya dibanderol seharga Rp 15 ribu. Nggak mahal! Kalau kamu berkunjung ke Cepu, jangan lupa menjadikan penganan ini sebagai buah tangan ya!

Renyah dengan cita rasa gurih dan manis. (Instagram/ngudiroso_eggroll)

Oya, untuk kamu yang belum tahu Cepu, kecamatan yang berbatasan dengan Bojonegoro, Jawa Timur, itu berjarak sekitar satu jam perjalanan naik kendaraan bermotor dari pusat kota Blora. Kuy lah, ke sana! (MG26/E03)