inibaru indonesia logo
Beranda
Kulinary
Dondurma, Es Krim dari Turki yang Lengket dan Nggak Mudah Leleh
Senin, 4 Des 2023 11:13
Penulis:
Siti Khatijah
Siti Khatijah
Bagikan:
Penjual dondurma akan melakukan atraksi terlebih dahulu sebelum memberikan es krim ke pembeli. (3cowsandacone)

Penjual dondurma akan melakukan atraksi terlebih dahulu sebelum memberikan es krim ke pembeli. (3cowsandacone)

Ada bahan dan teknik khusus yang digunakan untuk membuat dondurma, es krim dari Turki yang karakternya lengket dan nggak mudah leleh.

Inibaru.id - Ada beragam jenis es krim dan masing-masing memiliki karakter yang khas. Yang sering orang tahu antara lain gelato, kulfi, sorbet, rolled ice cream, granita, dan dondurma. Kali ini, marilah kita bahas jenis es krim yang terakhir disebut, yaitu dondurma.

Pencinta kuliner Turki pasti tahu jenis dessert yang satu ini. Dondurma adalah es krim yang memiliki konsistensi lentur dan nggak mudah meleleh, terbuat dari susu kambing dengan campuran rempah tertentu yang cuma ada di Turki.

Para penjualnya seringkali melakukan atraksi yang lucu dengan es krimnya untuk menarik para wisatawan. Atraksi yang ikonik dan sering kita lihat di media sosial itu berhasil membuat wisatawan kagum sekaligus gemas karena karakter es krim yang lentur, nggak mudah meleleh, lengket, dan antigravitasi tersebut dimain-mainkan terlebih dahulu sebelum akhirnya diberikan ke pelanggan.

Nah, kenapa dondurma bisa selengket itu, ya? Jawabannya tentu saja karena ada bahan khusus yang ditambahkan sehingga terbentuk es krim yang lengket, elastis, tapi tetap lembut untuk dinikmati. Secara umum, dondurma dibuat dari tiga bahan utama, yaitu susu kambing, gula, dan salep.

Rahasia Es Krim Dondurma

Ilustrasi: Dondurma terbuat dari susu kambing, bukan susu sapi. (Istock)
Ilustrasi: Dondurma terbuat dari susu kambing, bukan susu sapi. (Istock)

Biasanya, es krim dibuat dari susu sapi. Khusus untuk dondurma, masyarakat Turki membuatnya dengan susu kambing.

Daerah asal dondurma, Kahramanmaras merupakan wilayah pegunungan. Di sana kambing-kambing yang diambil susunya mengonsumsi tumbuhan seperti daun timi dan tumbuhan tragacanth. Tumbuhan herba itu sengaja ditanam di antara rerumputan supaya ikut dimakan dan aroma susu kambing lebih sedap.

Rahasia lainnya dari keunikan dondurma adalah adanya bahan bernama salep. Ini bukan salep yang sering kita gunakan untuk mengobati bekas luka ya, Millens. Salep yang digunakan untuk membuat es krim maraş dondurma merupakan akar dari tumbuhan anggrek liar. Bahan inilah alasan kenapa dondurma elastis dan punya aroma khas.

Satu lagi hal yang menambah elastisitas dondurma adalah teknik mengaduk. Adonan es krim dondurma diaduk dengan tangan bukan mesin. Semakin es krim itu diaduk dengan tangan, maka es krim itu juga semakin elastis.

Nah, itulah rahasia dari es krim khas Turki yang sudah mendunia. Kamu sudah pernah menikmatinya? Biasanya es krim ini dijual di tempat khusus seperti restoran Turki atau event tertentu di kota-kota besar, Millens. (Siti Khatijah/E07)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved