Disebut Kota Angkringan, di Jogja Nggak Lengkap Tanpa ke 5 Angkringan Ini!

Disebut Kota Angkringan, di Jogja Nggak Lengkap Tanpa ke 5 Angkringan Ini!
Angkringan di Yogyakarta. (Jogjadestination)

Terkenal dengan banyaknya angkringan, rasanya belum lengkap kalau ke Jogjatapi belum mampir ke lima angkringan ini!

Inibaru.id – Angkringan menjadi tempat yang asyik untuk nongkrong sambil ngemil. Keberadaannya hampir dipastikan nggak bakal sepi pengunjung. Alasan kenapa angkringan selalu jadi pilihan favorit adalah karena tempat-tempat tersebut buka hingga tengah malam, bahkan menjelang pagi.

Selain Kota Solo dan sekitarnya, Kota Yogyakarta sejauh ini dikenal sebagai gudangnya angkringan. Sejumlah tempat bahkan sangat terkenal, khususnya bagi warga setempat, dengan harga makanan yang dijamin cukup bersahabat dengan isi dompetmu. Hm, di mana saja?

1. Angkringan Nganggo Suwe (Lek Adi)

Angkringan Nganggo Suwe. (Makanjogja)

Tak memakai gerobak seperti angkringan pada umumnya, Angkringan Nganggo Suwe lebih menyerupai warung makan biasa. Namun, menu yang disediakan tetap seperti angkringan, seperti nasi bungkus (nasi kucing), gorengan, aneka satai, wedang jahe, dan sejumlah camilan lain.

Berlokasi di daerah Kotagede, Angkringan Lek Adi sering dijadikan tempat nongkrong mahasiswa. Kalau kamu ke sini, wajib coba Nasi Bakar, Tongseng Keong, Wedang Asem Panas, atau Wedang Asem Jahe-nya, ya!

2. Angkringan Klebengan

Angkringan Klebengan. (Ensiklopediaindonesia)

Selain tempatnya yang ramai dan luas, harga yang sangat murah membuat Angkringan Klebengan diburu para mahasiswa. Ciri khas dari angkringan ini adalah selalu ada tambahan kecap manis pada gorengan dan lauk yang dihangatkan atau dibakar ulang.

Bagi yang nggak suka manis, kamu bisa memesan khusus pada penjual. Selain itu, lokasinya juga strategis lo, yakni di Kawasan kampus UGM dan UNY.

3. Angkringan Pak Satari


Angkringan Pak Satari. (Instagram/bilbil_bilal)

Lokasi yang agak jauh dari pusat kota, yakni di Ngangkruk, Margorejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman, nggak membuat Angkringan Pak Satari sepi pengunjung. Angkringan yang menyajikan sekitar 20 varian nasi bungkus dan pelbagai pilihan lauk tambahan ini juga membanderol dagangannya dengan harga yang cukup bersahabat.

4. Angkringan Sendang


Angkringan Sendang. (Instagram/angkringansendang)

Angkringan yang cukup ngehit di Yogyakarta ini berlokasi di dua tempat, yakni di Jalan Solo (depan resto Sendang Ayu) dan Jalan Babarsari (dekat STTNas). Angkringan Sendang memiliki pelbagai macam menu, dari gorengan hingga baceman. Ciri khasnya merupakan nasi bungkus yang bertuliskan “Sendang”.

5. Angkringan JAC (Pendopo Ndalem)

Angkringan JAC. (Paketwisatajogja75)

Kalau kamu pengin makan nasi kucing tapi bosan dengan suasana yang "merakyat", coba deh ke Angkringan JAC yang berada di Jalan Sompilan, Ngasem. Angkringan JAC menempati pendopo rumah bangsawan Jawa yang cocok dijadikan makan malam bersama keluarga.

Selain nasi kucing yang khas, di sini juga ada berbagai kuliner Jawa yang sudah mulai langka. Seperti clorot, kipo, lupis, jadah manten hingga semar mendem. Wah, menarik sekali ya.

Jadi, kamu tertarik menjajal angkringan yang mana nih, Millens? (IB24)