Dipanaskan Berulang, 5 Makanan Ini justru Bertambah Nikmat!

Dipanaskan Berulang, 5 Makanan Ini justru Bertambah Nikmat!
Memanaskan makanan. (vemale.com)

Memanaskan makanan secara berulang-ulang memang nggak dianjurkan karena akan mengurangi rasa. Namun, 5 makanan ini justru bertambah nikmat meskipun dipanaskan berkali-kali.

Inibaru.id - Selain mengurangi kadar gizi, memanaskan makanan secara berulang juga berpotensi untuk menjadikannya racun. Bahkan, memanaskan makanan berkali-kali juga bisa mengubah rasa menjadi hambar. Namun, lima jenis makanan ini justru bertambah nikmat saat dipanaskan. Penasaran? Yuk, simak baik-baik infonya!

1. Gudeg

Nasi gudeg, makanan khas Daerah Istimewa Yogyakarta. (fimela.com)

Siapa sih yang nggak tahu Gudeg? Makanan khas dari Yogyakarta ini memang sudah mendunia, bukan? Nah, ternyata nih, bumbu gudeg kalau dipanasin ulang sebelum dimakan akan tambah enak! Soalnya, bumbu rempah, gula merah dan santan yang dimasak lama akan semakin meresap pada nangka mudanya. Selain itu, tekstur dari nangkanya pun akan semakin lembut dan sudah pasti bakal tambah nikmat, Millens!

2. Rendang

Rendang, makanan khas Padang yang dinobatkan sebagai makanan paling enak di dunia. (suara.com)

Olahan daging yang satu ini memang luar biasa nikmat! Apalagi jika disantap selagi hangat, wah, tambah nampol lah rasanya! Hehe. Oh iya, hampir mirip dengan gudeg yang dibumbui rempah dan santan yang kental, maka, rendang pun akan lebih nikmat jika dipanaskan berulang-ulang. Soalnya, bumbu akan kian meresap pada daging dan tekstur dagingnya pun akan semakin empuk. Mantap lah!

3. Gulai

Gulai, sayur kental bersantan untuk olahan berbagai jenis daging. (dapurku.co.id)

Gulai merupakan salah satu jenis sayur yang memiliki berbagai varian. Ada gulai ayam, ikan, kambing bahkan sapi. Namun, terlepas dari apa pun jenis yang digunakan, gulai akan lebih nikmat jika disajikan dalam kondisi hangat. Sebab itu, gulai termasuk makanan yang akan terjaga kenikmatannya jika dipanaskan lagi dan lagi.

4. Sop

Sayur sop yang cocok dihidangkan saat cuaca dingin. (miung.com)

Menu yang cocok disajikan saat udara dingin ini memang lebih nikmat saat disajikan dalam kondisi panas. Selain bisa menghangatkan tubuh, menghangatkan sop juga bisa meningkatkan cita rasa pada daging potongan di dalamnya. Apalagi nih, kalau dagingnya diganti iga sapi. Duh, sudah pasti tambah enak lah, ya!

5. Lodeh

Sayur berkuah kental yang biasanya menggunakan labu sebagai bahan utamanya. (resepsedapku.com)

Sayur bertekstur kental ini memang memiliki cita rasa yang unik. Kandungan santan yang tinggi ditambah bumbu rempah yang khas, menjadikannya nikmat dimakan saat masih hangat. Karena itu, kebanyakan orang akan memanaskannya terlebih dulu sebelum disajikan.

Meski memanaskan makanan bisa menambah nikmat, tapi berlebihan melakukannya juga nggak baik. Jangan abaikan kesehatan demi memenuhi sensasi nikmat yang dirasakan lidah semata, Millens. (IB23/E05)