Dimsum, Camilan Orang Kanton yang Terkenal di Seluruh Dunia

Dimsum, Camilan Orang Kanton yang Terkenal di Seluruh Dunia
Menyantap dimsum. (Isorepublic)

Kukusan bambu mungil berisi tiga hingga empat makanan ringan yang berukuran kecil dan bentuk menarik adalah ciri khas penampilan dimsum. Saat masuk mulut, rasanya juga sangat memanjakan lidah.

Inibaru.id - Restoran dimsum kini ada di mana-mana. Itu tandanya, banyak orang menggemari makanan dari Tiongkok ini. Kamu juga termasuk orang yang nggak menolak jika disodori beraneka macam dimsum kan, Millens?

Membayangkan makan dimsum bersama teman sambil menyeruput teh dan kopi itu sungguh menyenangkan. Tapi sebaiknya kamu nggak hanya bisa menyantap, tapi juga tahu bagaimana awal mula kudapan masyarakat Tionghoa ini bisa eksis di dunia, termasuk Indonesia.

Pelbagai macam dimsum. (Medha)

Tahukah kamu, kebiasaan makan dimsum awalnya dimiliki oleh penduduk Tiongkok terutama yang tinggal di wilayah selatan, termasuk Hongkong yang didominasi oleh orang-orang Kanton. Dimsum berasal dari kata dianxin yang berarti kudapan. Namun, kata itu juga memiliki arti “menyentuh hati”.

Dimsum memang kudapan andalan mereka. Biasanya orang Kanton menyantapnya bersama dengan meminum teh hijau (yam cha) di pagi hari. Bahkan memakan dimsum dan minum teh itu dua hal yang nggak terpisahkan.

Menyantap dimsum. (Simpleviewcms)

Sebenarnya, secara tradisional, keberadaan minum teh lebih utama ketimbang dimsum. Tapi, bisa jadi karena pelafalan “dim sum” lebih mudah diucapkan orang Inggris, jadilah dimsum yang lebih terkenal. FYI, wilayah Hongkong pernah menjadi koloni Inggris sebelum kembali ke Tiongkok pada 1997.  

Begitulah sejarah singkat dari dimsum, kudapan yang biasanya disajikan dalam kukusan bambu kecil. Sekarang, jika kamu kepengin memakannya, meluncur saja ke warung dimsum. Boleh sekalian minum teh hijau, nggak pun tak apa.

Dimsum dan teh adalah satu kesatuan. (gazette)

Lalu, ada berapa macam jenis dimsum? Sangat banyak dan bergantung pada restoran yang kamu kunjungi. Tapi, ada beberapa jenis dimsum yang populer dan rasanya pas dengan lidah orang Indonesia.

Pertama, adalah shumai. Ini adalah dimsum yang mirip siomay ya, Millens. Rasa rempah yang kuat jadi ciri khasnya, apalagi jika isinya udang. Hm, sedapnya! Jenis dimsum yang lain adalah har gow, yaitu cacahan udang segar yang dibungkus adonan tepung tipis dan phoenix claws, yaitu ceker ayam dengan bumbu kecap dan rempah-rempah.

Shumai, salah satu dimsum paling populer. (Dreamsofdashi)

Wah, nggak akan ada habisnya jika membicarakan betapa lezat dan sedapnya si dimsum ini. Jadi, kamu mau beli dimsum di mana? (IB20/E05)