Tetap Nyaman Berpuasa Selama Ramadan Meski Punya Riwayat Penyakit Mag

Tetap Nyaman Berpuasa Selama Ramadan Meski Punya Riwayat Penyakit Mag
Menderita penyakit mag? Jangan konsumsi sembarangan! (Honestdocs)

Memiliki penyakit mag saat Ramadan datang memang dilematis. Pengin puasa takut asam lambung kambuh, nggak puasa kok berasa aneh. Nah, kalau kamu mengalami hal ini, beberapa hal berikut mungkin bisa membantumu meminimalisasi kemungkinan penyakitmu tersebut kambuh!

Inibaru.id – Ramadan adalah bulan penuh berkah. Nggak heran pada bulan ini umat Muslim berlomba-lomba “berburu” pahala. Puasa menjadi tantangan tersendiri bagi setiap orang. Ada yang lancar melakukannya, ada pula yang terhambat lantaran sedang hamil, menstruasi, atau sakit.

Nah, bagi kamu yang memiliki penyakit mag, berpuasa tetap bisa dilakukan dengan lancar kok. Asal menerapkan cara-cara berikut, magmu mungkin nggak bakal kambuh. Yuk, kulik dulu!

Hindari Makanan Berlemak

https://cdn.cpnscdn.com/static.coupons.com/ext/kitchme/images/recipes/600x400/low-carb-southern-fried-chicken-recipe_16091.jpg

Kurangi konsumsi makanan berlemak ya. (Cpnscdn)

Risiko mag yang kambuh bisa kamu minimalisasi dengan nggak mengonsumsi makanan berlemak, Millens. Ketimbang digoreng, sebaiknya olah beberapa bahan dengan cara dipanggang saja.

Konsumsi Bahan Tinggi Protein dan Serat

Bahan yang kaya akan protein ini bisa kamu konsumsi. (Rd.com)

Selain menghindari makanan berlemak, kamu sebaiknya mengonsumsi protein dan serat. Kacang almond dan telur menjadi bahan makanan yang bisa kamu pertimbangkan untuk memulai sahurmu.

Cukup Mengonsumsi Minuman

https://blog.pesanlab.com/wp-content/uploads/woman-drinking-water.jpg

Minum air putih yang cukup membantumu kenyang lebih lama. (Pesanlab)

Jangan remehkan kebutuhan air putih untuk tubuh, ya. Selain air putih, lengkapi pula dengan jus buah yang nggak mengandung asam serta segelas susu. Dengan mengonsumsi air secara cukup, kamu juga akan merasa kenyang lebih lama.

Sahur Mendekati Waktu Imsak

https://organicdailypost.com/wp-content/uploads/2017/07/woman-acv-pill.jpg

Minum obat sebelum puasa meminimalisasi magmu kambuh. (Organicdailypost)

Trik lain supaya kamu bisa tahan lapar lebih lama adalah sahur mendekati waktu Imsak. Dengan makan pada menit-menit terakhir, kemungkinan sakit magmu kambuh di tengah puasa mungkin bisa dikurangi.

Kalau kamu masih kurang yakin, nggak ada salahnya minta obat mag dari dokter. Jangan asal beli obat di warung ya.

Sudah menyiapkan amunisi untuk berpuasa? Selain tips-tips di atas, sibukkan pula dengan kegiatan yang bermanfaat supaya nggak kepikiran perut yang lapar. Selamat berpuasa! (IB15/E03)