Dijamin Enak dan Lezat, Ini Hidangan Khas Natal di Indonesia

Dijamin Enak dan Lezat, Ini Hidangan Khas Natal di Indonesia
Ikan Kuah Kuning adalah hidangan Natal khas Ambon. (Resepnusantara)

Hari besar agama umumnya dirayakan dengan berbagai macam hidangan lezat dan menggugah selera, nggak terkecuali Natal. Di Indonesia, hidangan khas Natal juga ada di beberapa daerah.

Inibaru.id – Menjelang Natal, umat Kristiani pasti sibuk mempersiapkan berbagai perlengkapan perayaan. Nggak hanya menghias rumah dengan pernak pernik khas Natal, beberapa orang juga akan membuat berbagai santapan lezat untuk disuguhkan dalam perayaan Natal.

Womantalk.com (13/12/2017) menulis, Indonesia memiliki hidangan Natal yang berbeda di setiap daerah. Ada yang berupa hidangan utama, ada juga yang berupa camilan, Millens. Berikut lima hidangan khas Natal di berbagai daerah di Indonesia.

Ayam Rica-Rica (Sulawesi Utara)

Ayam rica-rica khas Manado,Sulawesi Utara. (Beritasatu)

Ayam rica-rica adalah makanan khas warga Manado, Sulawesi. Selain rasanya yang pedas, ayam rica-rica ini memiliki bumbu yang kental dan berwarna merah, senada dengan warna identik Natal. Nggak heran jika setiap Natal masyarakat Manado akan menyuguhkan hidangan ini.

Kue Lampet atau Lapet (Sumatera Utara)

Kue Lampet khas Tapanuli, Sumatera Utara. (Cookpad)

Beralih ke Sumatera Utara. Kabupaten Tapanuli memiliki jajanan khas Natal yakni kue lampet. Kue lampet ini berbahan dasar tepung beras dan kelapa parut dan didalamnya diisi gula merah. Perpaduan kelapa dan gula membuat kue lampet terasa gurih sekaligus manis saat digigit. Jajanan berbentuk piramida yang dibungkus dengan daun pisang itu kerap kali disantap saat Natal tiba.

Kue Bagea (Nusa Tenggara Timur)

Kue bagea khas Nusa Tenggara Timur. (Tempo)

Kue bagea selalu ada saat perayaan Natal di Nusa Tenggara Timur. Kue berbentuk bulat berwarna cokelat pucat ini terbuat dari sagu. Camilan itu sangat cocok dimakan sambil ditemani teh atau kopi, Millens.

Ikan Kuah Kuning dan Poporcis (Ambon)

Ikan kuah kuning hidangan Natal khas Ambon. (Resepnusantara)

Ambon adalah daerah yang kaya akan hasil laut. Kondisi geografis itu mempengaruhi hidangan khasnya. Saat Natal, masyarakay di sana biasanya membuat ikan kuah kuning. Nah, ikan kuah kuning ini sangat cocok disantap bersama dengan nasi hangat atau papeda.

Poporcis khas Ambon. (Smartmama)

Nggak hanya makanan utama, Ambon juga punya jajanan khas yang disiapkan saat Natal tiba namanya kue poporcis. Kue ini terbuat dari campuran labu kuning dan terigu. Jajanan yang mirip seperti panekuk itu biasanya dimakan saat sarapan di pagi Natal.

Ayam Budu-Budu (Sulawesi Selatan)

Ayam budu-budu khas Sulawesi Selatan. (Gurumasak)

Sulawesi Selatan juga memiliki hidangan khas saat Natal yakni ayam budu-budu. Hidangan ini dimasak dengan berbagai macam rempah-rempah. Hm, pokoknya sedap deh, terlebih kalau dimakan bersama nasi hangat, bakal tambah nikmat.

Itulah beberapa hidangan khas Natal dari beberapa daerah di Indonesia. Kalau di daerahmu, hidangan apa yang selalu disajikan saat perayaan Natal, Millens? (IB18/E04)