Di Karimunjawa, Jangan Lewatkan Kuliner Khasnya: Lontong Krubyuk!

Daripada jajan bakso, kalau ke Jepara mending kamu mencoba kuliner yang rasanya mirip dengan bakso, yaitu lontong krubyuk. Kuliner khas Karimunjawa ini rasanya gurih, manis, segar, dan mengenyangkan.

Di Karimunjawa, Jangan Lewatkan Kuliner Khasnya: Lontong Krubyuk!
Lontong krubyuk. (Ksmtour)

Inibaru.id - Traveler siapa pun pasti sepakat bahwa Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, merupakan tempat tujuan wisata yang indah. Pantai pasir putihnya yng bersih serta air laut yang biru jernih menjadi magnet kuat yang mampu menyedot ratusan orang tiap minggunya.

Tapi, sesungguhnya nggak cuma alam yang mempersembahkan keelokannya. Saat datang ke Karimunjawa, kamu bakal berjumpa dengan salah satu kuliner khas Jepara yang lezat, yaitu Lontong Krubyuk. Menjadi menu andalan, nggak heran jika di Karimunjawa berderet warung makan yang menjajakan kuliner ini.

Jadi, seperti apa makanan yang pas banget disantap panas-panas pada waktu siang hari ini? Hm, seperti namanya, tentunya makanan ini ada irisan lontongnya ya, Millens? Kalau lontong, di mana-mana rasanya akan sama. Yang bikin beda antara lontong krubyuk dengan makanan lontong lainnya pastilah terletak pada bahan pendampingnya.

Lontong krubyuk. (Travelingyuk)

Dalam bahasa Jawa, krubyuk adalah bunyi yang muncul saat berjalan di genangan air. Mungkin istilah lontong krubyuk muncul karena lontongnya "digenangi" kuah yang banyak. Kuah itu bercita rasa seperti kuah bakso yang ngaldu banget.

Untuk topping-nya, "krubyukan" itu kemudian dibubuhi suwiran daging ayam semur, irisan tahu goreng, seledri, tauge setengah matang, dan bawang goreng . Wuih, sedap!

Jika kamu pernah makan bakso dengan irisan lontong atau ketupat, begitulah kurang lebih rasa dari lontong krubyuk. Bahkan mungkin lebih istimewa karena ada tambahan rasa manis gurih dari suwiran ayam berbumbu semur.  

Soal harga tentu nggak bakal bikin kantong kamu jebol, deh. So, saat datang ke Karimunjawa jangan sampai absen jajan lontong krubyuk, ya! (IB20/E03)