Berpuasa di Banyumas, Cobalah Soto Sangka sebagai Menu Bukanya!

Berpuasa di Banyumas, Cobalah Soto Sangka sebagai Menu Bukanya!
Soto sangka. (Travelingyuk)

Membatalkan puasa dengan soto sangka? Hm, bagi kamu yang sedang berkunjung ke Kabupaten Banyumas, makanan ini patut dicoba. Dengan rasanya yang khas, apa sih yang bikin soto ini berbeda dengan soto-soto lain?

Inibaru.id – Ramadan telah tiba. Bagi kamu yang menjalankan ibadah puasa, waktu berbuka tentu menjadi waktu yang dinanti. Kalau sedang bingung mau makan apa nanti, kamu bisa mencoba kuliner Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, ini, yakni Soto Sangka. Hm, sudah pernah mendengar namanya?

Bukan dengan kompor minyak atau gas, soto sangka dimasak menggunakan tungku berbahan bakar kayu. Yap, ini dilakukan karena soto sangka menggunakan ayam kampung. Selain menghasilkan kekhasan aroma, cara memasak ini juga membuat tingkat kematangan ayam lebih sempurna.

Soto sangka terasa spicy karena mengandung berbagai rempah seperti pala, lada, kunyit, dan jahe. Mirip soto sokaraja, soto sangka juga menggunakan ketupat sebagai pendamping soto, yang dipadukan dengan tauge dan kacang tanah goreng. Ini masih ditambah sambal kacang sebagai pelengkap. Komplet!

https://ksmtour.com/media/images/articles22/soto-sangka-banyumas.jpg

Tampilannya menggoda, kan? (Ksmtour)

Seporsi soto sangka dibanderol sekitar Rp 11 ribu saja. Dengan porsi dan isian sebanyak itu, dan masih ditambah kerupuk, tentu saja perut bakal kenyang dibuatnya. Ini cocok buatmu santap malam setelah seharian berpuasa.

Tertarik mencicipinya? Datang saja ke Warung Soto Sangka di Jalan Karang Sawah No 35, Desa Kedunguter, Kecamatan Banyumas. Meski tempatnya sederhana, kualitas masakannya sudah terjaga selama berpuluh-puluh tahun, lo.

Hm, jadi nggak bingung lagi mau berbuka puasa di mana nih! Jangan lupa bungkus untuk sahur juga ya. He-he. (IB15/E03)