Dengan Menu Ini, Vegetarian saat Lebaran Tetap Bisa Makan Enak

Dengan Menu Ini, Vegetarian saat Lebaran Tetap Bisa Makan Enak
Meski bersanding dengan opor ayam, salad adalah salah satu makanan yang nikmat dikonsumsi para vegetarian. (Pixabay/ silviarita)

Lebaran tiba, lebaran tiba! Jika kamu vegetarian, nggak perlu khawatir nggak bisa makan enak saat Idulfitri. Yuk intip menu yang bisa kamu konsumsi saat Idulfitri!

Inibaru.id - Opor ayam, rendang, soto, dan pelbagai masakan berbahan daging begitu mudah kita temukan saat lebaran tiba. Hampir semua orang memasak makanan tersebut. Terus, bagaimana dengan para vegetarian saat lebaran? Bisakah tetap bisa menikmati makanan enak seperti itu?

Yap, memang sudah menjadi anggapan umum di Indonesia, masakan enak haruslah berbahan protein hewani. Nah, momen Idulfitri yang dianggap sebagai hari kemenangan bagi umat Islam pun biasa dirayakan dengan makan masakan tersebut.

Bagi para vegetarian yang nggak mengonsumsi protein hewani, hal ini tentu menyulitkan. Namun, jangan khawatir, kamu tetap bisa makan enak, kok! Beberapa menu ini mungkin bisa kamu sontek!

1. Makanan Pembuka: Salad Buah dan Kacang

Sebelum Salat Id, boleh dong makan salad buah dulu. (Pixabay/ silviarita)
Sebelum Salat Id, boleh dong makan salad buah dulu. (Pixabay/ silviarita)

Menu yang satu ini pasti sudah nggak asing lagi bagi para vegetarian. Yap, salad buah! Dengan potongan mangga, raspberry, blueberry, melon, dan kurma bisa kamu jadikan makanan pembuka saat hari lebaran tiba. Kamu juga bisa menyantap salad buahmu dengan sepiring kacang polong goreng. Pasti nikmat banget!

2. Makanan Manis: Vegan Chocolate dan Salted Caramel Cake

Vegetarian juga bisa makan camilan yang enak, lo. (Pixabay/ ExplorerBob)
Vegetarian juga bisa makan camilan yang enak, lo. (Pixabay/ ExplorerBob)

Cokelat vegan, kue salted caramel, dan donat gula dengan biji pistachio, bisa jadi pilihan saat kamu pengin ngemil. Makanan manis ini sangat cocok dipadukan dengan teh hangat, lo. Perpaduan sempurna untuk menemanimu bercengkrama dengan sanak famili!

3. Makanan Utama: Kari Terong dan Sayur Tahu

Nggak kalah sama sambal goreng hati! (Vemale)
Nggak kalah sama sambal goreng hati! (Vemale)

Kalau bosan dengan makanan vegetarian yang itu-itu saja, kamu harus mencoba pedasnya kari terong yang menggugah selera. Nggak hanya itu, kamu juga bisa menghidangkan makanan oriental seperti mi dan cah tahu.

O ya, Kamu juga bisa menambahkan brown pasta dan brown rice yang dilengkapi kentang serta brokoli ala oglio olio. Wah, dengan menu ini, lebaranmu pasti tambah istimewa!

Meski makanan yang dihidangkan saat Idulfitri biasanya nggak ramah bagi pemakan non-daging, vegetarian saat lebaran tetap bisa makan enak kok, Millens! (MG27/E03)