Bukan dengan MSG, Masakan Tetap Gurih dan Lezat dengan Kaldu Jamur

Supaya tubuh sehat, konsumsilah makanan yang juga sehat. Nah, ketimbang menggunakan MSG, mungkin sudah saatnya kamu beralih memakai kaldu jamur. Dengan kaldu ini, kamu tetap bisa mendapatkan makanan yang enak tanpa khawatir mengonsumsi pengawet dan perasa buatan.

Bukan dengan MSG, Masakan Tetap Gurih dan Lezat dengan Kaldu Jamur
Kaldu jamur. (pinimg.com)

Inibaru.id – Selama ini MSG kerap dipakai sebagai bahan penyedap masakan. Padahal, untuk mendapatkan rasa yang lezat, ada beberapa bumbu yang bisa menjadi alternatifnya, lo. Salah satu bumbu itu adalah kaldu jamur.

Karena dibuat dari bahan nabati, kaldu jamur tergolong bumbu penyedap yang sehat. Nggak seperti MSG yang mengandung perasa buatan dan pengawet, kaldu jamur lebih aman, tapi tetap bikin masakan terasa gurih. Selain itu, kaldu jamur juga mengandung sejumlah nutrisi yang baik untuk tubuh.

https://www.chowstatic.com/assets/recipe_photos/30304_mushroom_broth.jpg

Kaldu jamur memiliki kandungan gizi yang bagus untuk tubuh. (chowstatic.com)

Lemak tak jenuh, Vitamin A, C, D, B6, B12, kalsium, magnesium, dan protein adalah nutrisi yang terkandung di dalamnya. Kandungan-kandungan tersebut otomatis membantu menurunkan tekanan darah, mencegah risiko penyakit hati, hingga mengatasi sulit tidur.

Hm, mulai sekarang nggak ada salahnya kalau mengganti MSG-mu dengan kaldu jamur, ya, Millens!

Kalau nggak malas, kamu bisa membuat kaldu jamur tersebut sendiri, lo. Saat ini, cara membuat kaldu jamur cukup banyak di internet. Eh, tapi kalau termasuk orang yang mengutamakan kepraktisan, beli jadi juga nggak masalah. (IB15/E03)