Dengan Menu dan Waktu Sahur yang Tepat, Tubuh Pun Jadi Sehat

Dengan Menu dan Waktu Sahur yang Tepat, Tubuh Pun Jadi Sehat
Konsumsi nutrisi yang cukup saat sahur membantu kenyang lebih lama. (Makchic)

Makan sahur di pagi buta bukanlah kegiatan gampang. Saat mata enggan terbuka, mulut juga enggan mengunyah. Namun, sahur penting dilakukan, tentu saja dengan menu dan waktu yang tepat!

Inibaru.id – Rasa kantuk yang tak tertahankan acap menggagalkan kita untuk bersantap sahur. Padahal, makan sahur sebelum puasa itu perlu, sebagai bekal agar tubuh nggak mengalami dehidrasi atau kurang nutrisi selama menahan dahaga dan lapar seharian.

Yap, sahur memang perkara kebutuhan. Dengan menerapkan cara sahur yang tepat, kamu bisa mendapatkan tubuh yang sehat. Nggak percaya? Mulai besok, yuk terapin pola ini!

Jaga Durasi Tidur

Jangan tidur terlalu malam biar bangun sahur nggak malas-malasan! (Ei.marketwatch)

Sebagian orang senang begadang, setali tiga uang saat berpuasa Ramadan. Nggak heran ketika waktu sahur tiba, mata begitu berat dibuka.

Maka, mulai sekarang, perhatikan deh durasi tidurmu. Cobalah tidur lebih awal setelah tarawih supaya rasa ngantukmu berkurang menjelang waktu sahur. Jika cukup tidur, bukankah bangun sahur juga lebih gampang?

Pilih-Pilih Nutrisi

Nutrisi yang pas bikin puasamu lebih puas. (Healthline)

Makan sahur bukan berarti asal kenyang. Cobalah perhatikan laukmu, apa sudah memenuhi kebutuhan nutrisi harian? Pilih pula makanan yang mudah dicerna seperti telur supaya perut nggak “kaget”.

Konsumsi Protein

Mengonsumsi protein lebih banyak bakal bikin kamu kenyang lebih lama. (Hips.hearstapps)

Protein bikin perutmu kenyang lebih lama. Selain itu, dengan memperbesar porsi protein, tubuh dengan berat ideal bisa kamu dapatkan, lo. Jadi, jangan malas untuk mengonsumsi daging, ikan, dan sekali lagi, telur, ya!

Dengan menerapkan tips-tips itu, semoga puasamu jadi lancar ya. Kalau malas masak saat sahur, kamu bisa menyiapkan menu setelah tarawih, kok. Kuy, dicoba ya! (IB15/E03)