Setelah Kopi, Bir Juga Mulai Diracik dengan Teh

Setelah Kopi, Bir Juga Mulai Diracik dengan Teh
Memadukan teh dengan bir? Boleh juga! (Porchdrinking)

Setelah perpaduan bir dengan kopi diterima masyarakat, produsen minuman beralkohol mulai menjajaki babak baru, yakni meraciknya bersama teh, salah satu minuman paling populer di dunia.

Inibaru.id – Kurang lebih setahun lalu coffee beer atau bir kopi menjadi salah satu minuman fusion yang cukup fenomenal, khususnya bagi pencinta bir di seluruh dunia. Nggak berhenti di kopi, sejumlah brewery (tempat pembuatan bir) kini mulai menjajaki kemungkinan bir dipadukan dengan teh, dan berhasil!

Kendati penikmat bir di Tanah Air nggak sebanyak di Eropa, keberadaan tea beer rupanya cukup membuat pencinta teh tertarik mencicipinya. Sejumlah bir teh juga telah banyak dikeluarkan brewery kecil dari pelbagai negara. Salah satunya adalah Le Baladin.

Perlu kamu tahu, Le Baladin adalah tempat pembuatan bir di Italia. Dengan kandungan alkohol yang cukup tinggi, yakni sekitar 14 persen, mereka menciptakan Xfumé. Bir ini menggunakan teh souchong sebagai bahan campurannya, yang dijual seharga Rp 500 ribuan per 500 mililiter.

Perpaduan teh dengan bir mulai dijual di pasaran. (Craftbeer)

Terus, ada pula Lambrucha yang diproduksi Vanberg & DeWulf, dengan kadar alkohol 3,5 persen. Lambrucha adalah singkatan dari Kombucha (teh bersoda yang mengalami proses fermentasi) dan bir Belgia bernama Lambic. Rasanya? Mungkin bakal mengingatkanmu pada segarnya lemon!

Unik dan Menyegarkan

Perpaduan bir dengan teh memang menghadirkan rasa unik dengan sensasi nan menyegarkan. Jika selama ini bir dianggap sebagai minuman yang kurang baik untuk kesehatan, keberadaan herbal macam teh mungkin bikin bir dianggap lebih "sehat".

Salah satu bir teh yang mungkin menarik untuk kamu cicipi adalah Halloway. Minuman itu merupakan hasil kolaborasi brewery asal AS Piperwork dengan pabrik teh Rare Tea Cellar yang menghasilkan teh rasa buah-buahan yang manis dengan rasa bir yang agak pahit.

Beer tea. (Beergembira)

Terakhir, bir teh yang perlu kamu cicipi adalah Magic Ghost. Dengan kadar alkohol 8 persen, bir dari Fantôme Brewery asal Belgia ini terbuat dari bir ale yang diracik dengan teh hijau. Tertarik?

Kamu yang sedang liburan, nggak ada salahnya menghabiskan bir-bir ini bareng orang terdekat. Namun, jangan berlebihan ya! Ha-ha. (IB15/E03)

Tags : #Bir #BirTeh