Dari Palestina, Manisnya Kunafa Menyebar ke Berbagai Penjuru Dunia

Dari Palestina, Manisnya Kunafa Menyebar ke Berbagai Penjuru Dunia
Kunafa. (Greenprophet)

Palestina memiliki kue dengan cita rasa yang khas yakni kunafa. Kue ini agak sulit dicari di Indonesia, padahal rasanya begitu enak.

Inibaru.id – Kunafa! Bagi sebagian orang, nama makanan ini mungkin masih terasa asing. Meski enak, makanan ini jarang dijumpai di beberapa kota besar di Indonesia.

Nah, jika kebetulan sedang berlibur atau melanjutkan studi di Timur Tengah, kamu mungkin familiar dengan kue ini. Saat Ramadan, kunafa memang banyak dijual sebagai menu berbuka puasa.

Bicara tentang namanya, kunafa berasal dari kata dalam bahasa Arab yaitu “kanaf” yang berarti “untuk berlindung”. Entah apa maksudnya. Yang pasti, kunafa diyakini berasal dari Kota Nablus, Palestina.

Ada pula yang meyakini kunafa berasal dari Mesir pada abad ke-15. Kunafa lantas menyebar ke pelbagai wilayah di Jazirah Arab sehingga kemudian berkembang dengan metode pembuatan yang berbeda.

https://3.bp.blogspot.com/-4I5z2dfqMEQ/WymbNrLcD1I/AAAAAAAA4_Q/7ocKpSbWtDA5Bs0IIUizT9OYtbNtOwOXACLcBGAs/s1600/vegan-kunafa-knafeh.webp

Kunafa untuk mereka yang menganut gaya hidup vegetarian juga ada, lo. (Homemade-recipes.blogspot)

Bicara tentang tampilannya, kunafa memiliki warna kuning keemasan. Di masa modern seperti sekarang, isian kue ini kian bervariasi dibandingkan dulu.

Nggak hanya menggunakan kacang atau kismis, banyak koki memodifikasinya dengan potongan buah mangga, nutella, hingga red velvet. Hasilnya? Hm, jadi nggak bisa menahan air liur, nih!

Ah, pengin bikin kunafa untuk berbuka puasa. Ada yang mau ikut bantu? (IB15/E03)