Dari Kedai Beringin hingga Pesta Keboen, 5 Restoran Keluarga Ini Paling Legendaris di Semarang

Dari Kedai Beringin hingga Pesta Keboen, 5 Restoran Keluarga Ini Paling Legendaris di Semarang
Toko Oen termasuk salah satu restoran legendaris di Semarang. (Travelingyuk)

Sedang berkunjung ke Semarang? Coba deh makan di restoran-restoran legendaris di Semarang ini.

Inibaru.id – Selain karena makanannya enak, restoran yang memiliki nilai historis tinggi sangat menarik untuk dikunjungi. Kalau kedua aspek itu dipenuhi, pasti jamuan makanmu sangat istimewa.

Di Semarang, ada sejumlah restoran legendaris yang memiliki nilai sejarah yang tinggi. Selain itu, makanan yang disediakan pun sangat menggoda untuk dicicipi. Berikut lima restoran keluarga legendaris di Semarang yang patut kamu kunjungi.

Kedai Beringin

Nasi hainan, salah satu menu andalan di Kedai Beringin Semarang. (Medium/Seto Julianto)
Nasi hainan, salah satu menu andalan di Kedai Beringin Semarang. (Medium/Seto Julianto)

Beralamat di Jalan Beirngin 1 No 9 Semarang, Kedai Beringin cukup legendaris di kalangan warga Semarang. Kedai yang lokasinya nggak jauh dari Taman Beringin ini kondang dengan chinesse food yang enak dan murah.  

Kedai Beringin termasuk cukup luas. Pengunjung bisa memilih untuk makan di ruangan tidak ber-AC atau yang ber-AC. Tempat parkirnya pun cukup untuk mobil para pengunjung.

Masalah harga, makanan di Kedai Beringin dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau yakni Rp 12.500 hingga Rp 265 ribu.  Menu yang paling jadi andalan pengunjung yakni nasi hainan. Kedai ini buka dari pukul 08.00 hingga 21.30 WIB.

Warung Soto Bangkong

Soto Bangkong terkenal di Semarang. (Instagram/yulindananggalaa)
Soto Bangkong terkenal di Semarang. (Instagram/yulindananggalaa)

Kalau kamu pengin merasakan soto khas Semarang, datanglah ke Warung Soto Bangkong. Berada di perempatan Bangkong, Jalan Brigjen Katamso No 1 Semarang, warung soto ini tersohor dibanding warung soto Semarang lainnya. Jam buka warung juga termasuk panjang yakni pukul 08.00 hinga 20.00 WIB.

Soto yang sudah mulai dijual sejak 1947 ini terasa istimewa, salah satunya karena penggunaan ayam kampung pada sajian soto. Selain itu, kecap yang disajikan di Warung Soto Bangkong adalah kecap buatan sendiri.

Mereka rela membuat kecap khusus supaya rasa kecapnya khas dan terjaga. Terbukti, karena kelezatannya, Soto Bangkong laris manis. Dalam sehari, setidaknya 200-300 mangkuk soto terjual. Semangkuk soto dibanderol dengan harga antara Rp 15 ribu hingga Rp 25 ribu.

Selain di Semarang, Soto Bangkong juga membuka cabang di Jakarta, yakni di kawasan Pakubuwono dan Kelapa Gading.

Rumah Makan Asem-Asem Koh Liem

Asem-asem Koh Liem terkenal enak dan segar. (Instagram/Foodiary_semarang)
Asem-asem Koh Liem terkenal enak dan segar. (Instagram/Foodiary_semarang)

Rumah Makan Asem-Asem Koh Liem juga termasuk yang legendaris di Semarang. Warung yang sudah ada sejak 1978 ini berada di Jalan Karang Anyar 28-C4, Gabahan, Semarang Tengah. Warung ini buka dari pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

Sesuai dengan namanya, makanan andalan di sini adalah menu asem-asem. Dalam semangkuk asem-asem segar, kamu bakal menemukan potongan daging sapi bagian sendoro (bagian dalam), urat, daging bagian usus, potongan cabai jepang, tomat, dan belimbing wuluh.

Semangkuk asem-asem yang menggungah selera itu dihargai Rp 30 ribuan. Cukup terjangkau ya!

Toko Oen

Toko Oen menyajikan nuansa kolonial. (Travelingyuk)
Toko Oen menyajikan nuansa kolonial. (Travelingyuk)

Berbeda dengan restoran lain yang terkenal dengan main course-nya, Toko Oen justru terkenal karena es krimnya. Restoran yang berdiri pada 1936 ini menyajikan es krim yang dibuat dengan cara kuno. Bahkan, cara ini konon sudah dipakai sejak 80 tahun lalu.

Berada di kawasan Kota Lama Semarang, Toko Oen nggak cuma menyajikan es krim khas tapi juga bangunan khas kolonial Belanda. Saat masuk ke Toko Oen, kamu bakal merasakan sensasi rumah Belanda zadul. Terlebih lagi, meja, kursi, dan toples-toples yang dipakai juga terkesan antik.

Harga makanan di sini bervariasi mulai Rp 22 ribu hingga Rp 120 ribu. Bagi kamu yang berkunjung ke Semarang, cobalah mampir ke toko yang buka dari pukul 09.30 hingga 21.30 WIB ini.

Pesta Keboen

Restoran Pesta Keboen tampak depan. (Steemit)
Restoran Pesta Keboen tampak depan. (Steemit)

Berlokasi di Jalan Veteran No 29, Lempongsari, Semarang, Pesta Keboen menempati bangunan kuno. Meski restorannya baru berdiri sejak 2000, bangunan yang ditempati Pesta Keboen sudah ada pada 1908 silam.

Restoran ini menyediakan menu tradisional Indonesia dan sejumlah makanan Eropa. Dengan tempat yang cukup luas, restoran itu sering dijadikan tempat gathering.

Buka dari pukul 10.00 hingga 22.00 WIB, harga makanan di sana pun termasuk terjangkau, yakni mulai Rp 20 ribu hingga Rp 100 ribu.

Wah, banyak restoran legendaris yang bisa kamu pilih nih, Millens. Jadi, kamu mau mengunjungi restoran yang mana dulu nih? (IB03/E03)