Dari Faloodeh di Iran, Es Krim Kemudian Berkembang

Dari Faloodeh di Iran, Es Krim Kemudian Berkembang
Faloodeh. (Thepersianfusion)

Sebagai kuliner khas Iran, faloodeh ternyata juga menjadi nenek moyang es krim, lo. Kuliner berusia 2.000 tahun ternyata lahir dari gumpalan salju dan jus anggur. Hm, kulik dulu sejarahnya yuk!

Inibaru.id – Selain pizza dan spageti yang terkenal di mata dunia, Italia juga memiliki gelato yang konon kini menjadi "es krim" paling populer di antero jagat. Namun, merujuk pada tahun yang lebih jauh, konon bukan Italia yang menekuni kuliner minuman dingin itu untuk kali pertama, melainkan Iran dengan Faalodeh-nya. 

Yap, sejumlah referensi menyebutkan bahwa faloodeh adalah es krim tertua di muka bumi. Minuman tersebut disebut menjadi cikal bakal pembuatan es krim di masa sekarang. 

http://raw.cdn.baca.co.id/704b5523-f7e0-4422-a70c-14c4aebef23d

Faloodeh. (baca.co.id)

Menurut laporan Atlas Observer, konon faloodeh telah dikenal sejak abad ke-400 SM. Saat itu, Iran masih bernama Persia. Orang-orang di Persia menyiramkan jus anggur pada salju yang mereka taruh pada sebuah wadah. Nah, sejak itulah es krim berkembang.

https://media.timeout.com/images/105326014/630/472/image.jpg

Faloodeh. (timeout.com)

Menggunakan tepung kanji, sirup, air mawar, es batu, dan sirup gula, tekstur faalodeh lebih mirip bubur. Ada pula sumber yang mengatakan bahwa sirup ceri dan jus jeruk nipis-lah yang jadi tambahannya. Mm, menilik tampilannya, es krim ini mirip sorbet, lo!

Seiring waktu, isian faloodeh pun kian beragam. Mulai dari ceri, daun mint, kacang, hingga buah beri bisa menjadi pelengkap es krim ini. Hm, dari tampilannya saja, es krim ini sudah menggugah selera.

Duh, ada yang mau bikin faloodeh? Kalau ada, nitip satu boleh? He-he. (IB15/E03)