Dari Ayam Cilantro hingga Roti Bayam Kriuk Khas Gemblunk Eat Ini Bikin Jiwa Gemblung Kamu Keluar

Dari Ayam Cilantro hingga Roti Bayam Kriuk Khas Gemblunk Eat Ini Bikin Jiwa <em>Gemblung</em> Kamu Keluar
Menu-menu di Gemblunk Eat memiliki resep yang kaya rempah. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)

Diksi “gemblung” sering diartikan sebagai kegilaan. Namun bagaimana jika diksi ini melekat pada suatu makanan?

Inibaru.id – Gemblunk Eat memang unik sejak dari membaca nama. Restoran yang terletak di kawasan kampus area Tembalang ini menyajikan menu andalan yang khas berupa bumbu tebal yang nggak bisa dilupakan. Mindset Gemblunk, begitu kata Bang Jack salah satu pengelola restoran.

Mindset gemblunk itu pasti bisa dibilang edan, nakal, dan lain-lain. Negatif. Kita coba geser itu ke positifnya orang makan. Kalau kita sudah makan merasakan enaknya makanan, kita jadi edan. Itu yang kita dorong. Harus rasakan biar gemblungnya keluar,” ujar Bang Jack ketika saya berkunjung ke restoran yang juga terkenal sebagai titik temu para seniman, budayawan, dan musikus Semarang ini.

Baca Juga: Gemblunk Eat Resto Semarang, Ada untuk Sesuatu yang Belum Ada

Penasaran dengan pernyataan Bang Jack, saya pun langsung mencicipi menu-menu khas mereka. Hm, benarkah kelezatannya bisa buat orang gemblung?

Ayam Cilantro Gemblunk

Rempah yang terkandung dalam bumbu Ayam Cilantro Gemblunk bikin lidah bergoyang. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)

Salah satu main course andalan Gemblunk Eat adalah Ayam Cilantro Gemblunk. FYI, cilantro dalam bahasa Indonesia berarti daun ketumbar yang dicacah halus. Jadi ayam cilantro adalah ayam dengan bumbu daun ketumbar. Menu ini tersusun dari nasi bakar yang gurih, kalas Bali yang mirip trancam Jawa berisi sayur-sayuran, dan yang istimewa tentu ayam bumbu rempah dengan ketumbar dan racikan bumbu khas Gemblunk!

Ketika ayam mendarat di mulut saya, bumbunya terasa nyes, menyerap langsung di lidah. Ayamnya empuk, rempahnya sangat terasa, apalagi ketika menyatu dengan kalas dan nasi. Hm, enak-enak-enak! Hiasan plating lain seperti tomat, timun Jepang, dan parsley juga kian menambah nafsu makan saya. Menu ini diminati hampir semua kalangan pengunjung Gemblunk. Satu porsinya seharga Rp 33 ribu. Worth it banget deh!

Sup Ikan Sanur

Segarnya Sup Ikan Sanur. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)

Kalau boleh saya jujur, Sup Ikan Sanur ala Gemblunk merupakan sup paling enak pertama yang saya rasakan selama di Semarang. Sup yang terbuat dari racikan bumbu sanur dengan bahan dasar ikan tilapia dan kentang ini seger banget. Jarang saya temukan sup dengan tekstur kuah yang nggak terlalu kental dan nggak terlalu encer, pas. Bumbunya juara dan rasanya lidah Indonesia banget.

Menu ini membuat saya benar merasa "gemblung". Satu porsi menikmati menu ini rasanya nggak cukup. Gurihnya pengin nambah lagi dan nambah berulang kali. O ya, Sup Ikan Sanur ini jadi menu kesukaan band Indonesia bernama Elephant Kind juga lo, Millens. Pokoknya wajib kamu cicipin kalau berkunjung ke Gemblunk Eat biar "gemblung" kamu akan makanan keluar. Ha-ha. Satu porsi seharga Rp 25 ribu.

Roti Bayam Kriuk

Roti Ayam Kriuk yang sehat, bergizi. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)

Sekilas Roti Bayam Kriuk mirip sandwich. Eits, tentu ada bedanya dong. Kalau sandwich dalamnya berisi daging, kalau signature dish satu ini berisi bayam kriuk. Unik ya? Menu satu ini terdiri dari roti, ayam lapis, dan tentunya bayam kriuk dengan saus dan sayuran khas sandwich. Kombinasinya menyehatkan lagi mengenyangkan ini ditambah irisan kentang goreng.

Soal rasa, bayam goreng yang menyatu dengan racikan sayuran dan saus tomat pilihan serta mayonaise tersebut begitu aduhai dan crunchy. Nadanya kriuk-kriuk ketika dimakan. Roti bayam kriuk cocok untuk menemani waktu ngopi kamu saat nongkrong di Gemblunk Eat. Satu porsi seharga Rp 25 ribu.

Es Kopi Susu Gemblunk

Es Kopi Susu Gemblunk cocok menemani waktu ngobrol kamu dengan si doi. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)

Minuman khas Gemblunk ini terdiri dari tiga varian rasa: es kopi susu gemblunk original, es kopi susu stroberi, dan es kopi susu gedhang (pisang) Gemblunk. Masing-masing menu tersusun khas dengan tiga layer: kopi atau flavour di bawah, susu di tengah, dan kopi di atas. Saya paling suka yang kopi dengan perpaduan pisang. Rasanya ngeblend ketika semua layer diaduk menjadi satu. Cita rasa ini sama sekali nggak pasaran. Lagi-lagi bikin saya merasa "gemblung". Harganya es kopi susu ini bervariasi, Millens. Rp 18 ribu untuk rasa original dan Rp 22 ribu untuk flavour.

Baca Juga:
Gratis, Belajar Bikin Kopimu Sendiri dengan Teknik V60 di Kedai Serah
Mencicipi Mendoan Kriuk, Camilan yang Bikin Kamu Lupa Berhenti
Komplet, Makanan Legendaris dan Kekinian Tersedia di Pasar Sentiling

Nggak cuma enak, semua plating makanan di Gemblunk Eat juga indah dan menggoda mata. Bahkan semacam tempe bacem saja di-plating sedemikian rupa layaknya menu makanan yang ada di bintang lima. Juga garnish seperti parsley, seledri, selada, tomat ceri, hingga zuccini menyumbang estetikanya sendiri.  Nggak mungkin deh kalau nggak difoto. He he. 

Makanya, kamu harus mencoba menu-menunya ya biar gemblung-mu keluar! (Isma Swastiningrum/E05)

 

Gemblunk Eat Resto

Jenis                      : Restoran

Alamat                   : Jalan Banjaran Selatan nomor 95, Tembalang, Kota Semarang

Operasional            : Senin s.d. Minggu pukul 10.00 - 22.00 WIB, Sabtu hingga pukul 23.00 WIB

Rentang harga        : Makanan Rp 13 ribu - Rp 37 ribu dan minuman Rp 5 ribu - Rp 25 ribu

Instagram/reservasi: @gemblunkeat/08112686789